5 Jenis Makanan Tidak Disarankan Jadi Sarapan
Tgl: 02/03/2013 20:55 Reporter: Heri Firmansyah

KBRN, Jakarta : Telah diketahui bahwa sarapan selain sebagai sumber energi juga memiliki dampak yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Namun, tak semua makanan boleh menjadi menu sarapan. Sebaliknya ada beberapa bahan makanan yang harus dihindari untuk dijadikan sarapan.

Ahli gizi seperti dikutip dari geniusbeauty.com, telah membuat daftar hitam dari produk makanan yang tidak boleh dikonsumsi pada pagi hari.

1. Pisang & Yoghurt

Pisang mengandung banyak magnesium. Kebiasaan makan pisang di pagi hari dapat menyebabkan pelanggaran keseimbangan kalsium dan magnesium, yang mengarah ke risiko penyakit kardiovaskular.

Ketika dalam perut kosong, yoghurt kehilangan sebagian sifat manfaatnya, maka akan lebih baik untuk memakannya dua jam setelah makan atau menjelang tidur.

2. Jeruk

Jeruk dapat memicu perkembangan gastritis atau peradangan pada lapisan perut. Selain itu, pisang juga memungkinkan reaksi alergi ketika dimakan pada saat perut kosong.

3. Tomat

Ini mengandung konsentrasi tinggi asam pektin dan tannic (yang berkontribusi terhadap pembentukan batu lambung).

4. Minuman manis

Ternyata minuman manis juga tidak disarankan untuk dikonsumsi pada pagi hari.

Ini menyebabkan pankreas tidak dapat mengalokasikan jumlah yang dibutuhkan insulin, yang mengarah ke peningkatan tajam dalam kadar gula darah dan gangguan keseimbangan asam-basa.

5. Makanan lainnya

Makanan lainnya yang harus dihindari pada perut kosong yaitubawang putih, makanan kaleng, daging , mentimun, paprika dan kubis (yang dapat menyebabkan iritasi lambung), dan ubi jalar (menyebabkan sensasi berat perut). (Heri.F/Geniusbeauty)


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional