Menkes: TBC Masih Menjadi 10 Penyakit Pembunuh di Indonesia
Tgl: 21/02/2013 15:26 Reporter: Besty Simatupang

KBRN, Jakarta : TB atau biasa dikenal masyarakat awam sebagai TBC termasuk dalam 10 penyakit pembunuh tertinggi di Indonesia. TB merupakan penyebab kematian nomor 4 diperkotaan setelah stroke, diabetes dan hipertensi, serta merupakan penyakit pembunuh nomor 2 dipedesaan setelah stroke.

“Belum optimalnya Pengendalian TB di Indonesia karena minimnya pendanaan yang kita miliki,” ujar Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi di Jakarta disela diskusi dengan tim Joint External TB Monitoring Mission (JEMM) di Jakarta, Kamis (21/2/2013)

Pengendalian TB di Indonesia sebagian besar masih didukung oleh pendanaan Global Fund. Karena itu, untuk mengendalikan kasus TB di Indonesia, tim JEMM merekomendasikan enam langkah.

“Langkah itu diantaranya tersedianya akses lebih dini dan universal terhadap layanan berkualitas untuk semua tipe kasus TB,” kata Menkes Nafsia Mboi.

Menkes menjelaskan, selama 12 tahun terakhir memang ada peningkatan pelaporan kasus baru TB. Hingga triwulan pertama 2013 tercatat angka notifikasi kasus semua kasus baru mencapai 132 per 100.000 penduduk dan BTA positif sebesar 82 per 100.000 penduduk serta angka keberhasilan pengobatan sebesar 91 persen.

“Ini artinya keberhasilan pengobatan telah melebihi target global yaitu sebesar 85 persen, CNR BTA positif baru dan semua kasus baru dari tahun ke tahun mengalami peningkatan,” pungkas Menkes. (Besty/HF)


Komentar Anda:


copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional