Mendikbud: Kurikulum 2013 Cakup Kompetensi Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan
Tgl: 18/02/2013 22:58 Reporter: Syariful Alam

KBRN, Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M. Nuh mengatakan, kurikulum 2013 nantinya akan mencakup kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan. Masing-masing kompetensi itu nantinya akan masuk dan ada dalam mata pelajaran siswa.

"Setiap mata pelajaran kurikulum baru itu nantinya akan mencakup kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan," kata Mendikbud, Senin (18/2/2013).

Di sekolah-sekolah nantinya, kata Nuh,  akan ada training guru-guru sesuai dengan kurikulum 2013. "Nantinya kita evaluasi juga, dan juga membandingkan plus dan minusnya. Saat ini persiapan teknisnya, dan saat ini baru informasi yang diberitahukan guru, dan detailnya ada saat pelatihan."

Dikatakan Nuh, terkait kurikulum 2013 tidak mungkin kalau Kemendikbud tidak melakukan evaluasi dalam penerapan, perubahan, perbaikan dan penyempurnaan tanpa evaluasi terlebih dahulu. "Jadi kita pastikan itu review, evaluasi dan pembaharuan."

"Persiapan tentu kalau kita tidak siapkan kapan sih. Pada saastnya nanti itu disiapkan. Pelaksanaannya Juli. Yang penting pelaksanaan itu sebelum Juli itu sudah siap semua. Itu persiapan sudah jadi kata kunci," ujarnya.

"Insya Allah itu sudah disiapkan dengan baik. Apa yang kita persiapkan. Pertama buku, lalu pelatihan guru, dan manajemen. Insya Allah pada saatnya semuanya itu bisa dilaksanakan dengan baik. Kami ingin memastikan buku-buku diperhatikan. Tidak boleh buku-buku dibebankan kepada murid dan guru." (Syariful Alam/NGH/AKS)


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional