PNPM Program Percepat Penanggulangan Kemiskinan
Tgl: 05/02/2013 21:37 Reporter: Syahril Ahmad

KBRN, Kota Jantho : Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah menyatakan, PNPM Mandiri Perdesaan merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan mempercepat penanggulangan kemiskinan.

Oleh sebab itu, kegiatan pengelolaan dana bergulir menjadi salah satu kegiatan yang memberikan kemudahan bagi rumah tangga miskin untuk mendapatkan permodalan dalam bentuk kegiatan Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP).

Hal tersebut dikatakan Mukhlis Basyah ketika membuka kegiatan PNPM Berbagai Tahun kedua yang dilaksanakan di lapangan sepakbola Kecamatan Indrapuri, Selasa (5/2/2013).

Bupati Aceh Besar mengemukakan, kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan di Kabupaten Aceh Besar yang berlangsung sejak Program Pengembangan Kecamatan (PPK) hingga saat ini total dana yang dikelola oleh 22 Unit Pengelola Kegiatan (UPK) di Aceh Besar mencapai Rp40.651.688.391, dengan tingkat pengembalian rata-rata di setiap bulannya sebesar 97,4%.

Sedangkan jumlah anggota yang dilayani saat ini adalah 12.075 orang dari 1.190 kelompok yang tersebar di 22 kecamatan se-Aceh Besar.

Melalui kegiatan PNPM Berbagi Tahun Ke-2 tahun, tambahnya, ada 445 orang rumah tangga miskin yang dapat dibantu dengan jumlah anggaran Rp417.828.000. Angka ini terjadi peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya terbantu 169 orang dengan jumlah anggaran Rp203.175.000.

“Saya berharap, pada tahun mendatang lebih banyak lagi masyarakat miskin yang bisa dibantu melalui Program PNPM Berbagi. Itu semua tentu tak mudah dicapai, melainkan harus dengan kerja keras dan manajemen pengelolaan yang baik, profesional, dan didukung oleh para pengelola yang amanah,” ujarnya.

Diharapkan, pelaksanaan PNPM Berbagi dapat memberi motivasi pada semua UPK di Aceh Besar agar di masa mendatang bisa mengelola kegiatana perguliran dengan baik dan lebih profesional, sehingga dapat meningkatkan surplus yang akan dibagikan untuk rumah tangga miskin.

Dengan demikian tujuan Pemkab dan Program PNPM Mandiri Perdesaan untuk memandirikan masyarakat dan pengentasan kemiskinan dapat dicapai. Dalam kesempatan itu, Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah didampingi unsur Muspida juga meluncurkan Produk Unggulan Kabupaten Aceh Besar yang merupakan hasil binaan UPK di setiap kecamatan.

Hadir dalam kesempatan itu, unsur Muspida Aceh Besar, para Asisten Setdakab, Kepala SKPK, para Camat, pengurus PKK Kabupaten dan Kecamatan, Geusyik, tim fasilitator kabupaten PNPM, pihak perbankan, dan wakil kelompok dari gampong. (Syahril/LL/WDA)


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional