Dinas Pertanian Provinsi Lampung Meminta Pengawasan Subsidi Benih
Tgl: 28/01/2013 11:54 Reporter: Indra Achmad

KBRN, Bandar Lampung : Dinas Pertanian Provinsi Lampung meminta seluruh jajarannya agar dapat melakukan sosalisasi terhadap para petani terkait dengan penyaluran subsidi benih kepada para petani tahun ini. Hal itu mengingat penyaluran benih kepada para petani tahun ini memiliki mekanisme berbeda dari tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Lampung Lana Rekyanti mengatakan, penyaluran benih kepada para petani pada tahun ini menggunakan mekanisme penyaluran benih bersubsidi tertutup, bukan seperti tahun sebelumnya dengan menggunakan Bantuan Langsung Benih Unggul (BLBU).

Dalam mekanisme penyaluran benih bersubsidi tertutup tersebut, benih padi Inhibrida mendapat subsidi dari pemerintah sebesar 75 persen, benih jagung komposit mendapat subsidi 77 persen, kedelai 76 persen, dan padi Hibrida mendapat subsidi paling besar yakni 91 persen dari harga pokok.

Terkait Hal itu maka Lana Rekyanti berharap kepada seluruh elemen mayarakat agar dapat turut serta mengawasi pendistribusian benih bersubsidi tersebut kepada para petani. Hal itu juga mengingat, tidak menutup kemungkinan dalam pelaksanaannya terdapat kecurangan, karena sosialisasi yang tidak sepenuhnya sampai kepada para petani.

Disisi lain Lana Rekyanti menyatakan Dinas Pertanian Provinsi  Lampung juga siap mengantisipasi jika ada lahan persawahan terkena banjir. Menurutnya pihaknya sudah menyiapkan bibit cadangan jika sewaktu-waktu banjir menyerang areal lahan petani dengan mempersiapkan Cadangan Benih Daerah. Bahkan lanjutnya Jika diperlukan, Dinas Pertanian juga dapat mengusulkan ke pemerintah pusat untuk mendapat cadangan benih Nasional. (Indra Achmad/LL/BCS)


Komentar Anda:


copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional