Korban Gempa di Aceh Bertambah
Tgl: 23/01/2013 08:43 Reporter: Syahril Ahmad

KBRN, Banda Aceh :  Korban luka berat dan ringan akibat gempa berkekuatan 6,0 skala richter (SR) yang terjadi Selasa pagi pukul 05.22 WIB kini telah bertambah menjadi 15 orang.

Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Pidie Muhammad Harris SSTP MSi kepada RRI, Selasa malam (22/1/2013) melaporkan, berdasarkan laporan terakhir yang diterima pihaknya korban meninggal dunia masih satu orang bernama Tuti Rahmi umur 9 tahun warga Gampong Mane Coet Kecamatan Mane.

Sedangkan korban luka-luka berupa luka berat dan ringan yang sebelumnya hanya dilaporkan tujuh orang kini seluruhnya telah menjadi 15 orang dengan rincian di Kecamatan Mane lima orang dan 10 orang lainnya di Kecamatan Geumpang.

“Akibat gempa tersebut juga berdampak pada rusaknya 231 unit rumah rusak rinciannya 53 unit rumah di kecamatan Mane, lima unit di Kecamatan Geumpang dan 85 unit rumah  di Kecamatan Tangse serta 28 unit rumah di Kecamatan Gelumpang Tiga,” ujar Muhammad Harris.

Kecuali itu  masih dampak dari gempa juga menyebabkan rusaknya 10 unit masjid, dua unit meunasah, dua kantor camat, 20 unit sekolah, satu unit Puskesmas, satu unit barak dan satu unit pos jaga TNI di Kompi E, satu unit jembatan, satu unit gedung BMKG pemantau gunung api

“Menyusul terjadinya musibah Bupati Pidie Sarjani Abdullah bersama Muspida Pidie dan sejumlah kepala dinas/instansi terkait telah melakukan peninjauan langsung ke sejumlah lokasi dilanda musibah,” kata Muhammad Harris yang mantan Camat Mane tersebut.

Pemerintah Kabupaten Pidie telah menyalurkan bantuan masa panik berupa dua ton beras dan bantuan lain berupa makanan, namun bantuan masa panik tersebut katanya hanya cukup untuk lima hari saja,

“Sejumlah bantuan masa panik juga telah diterima dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) dan Dinas Sosial Aceh yang diantar langsung oleh ketua DPRA Hasbi Abdullah yang juga datang ke lokasi musibah,” ujarnya.

Untuk meringankan beban ratusan  korban terutama yang telah kehilangan tempat tinggal dan  kini telah mengungsi ke kantor camat dan SD Negeri 1 Mane kiranya bantuan dapat mengalir dari berbagai pihak sebagai upaya untuk meringankan beban mereka. (Syahril/LL/WDA)


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional