BMKG: Cuaca di Jabodetabek Beberapa Hari Kedepan, Tidak Ekstrem
Tgl: 21/01/2013 09:12 Reporter: Sugandi

KBRN, Jakarta: Warga Jakarta dan sekitarnya nampaknya dapat bernapas lega karena prediksi cuaca untuk beberapa hari kedepan tidak ekstrem seperti sebelumnya.

Kepala Pusat Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Mulyono Prabowo, mengatakan curah hujan dengan  intensitas ringan untuk beberapa hari ke depan.

“Untuk beberapa hari ini, kondisi hujan mulai mereda, tidak seperti kemarin,” kata Mulyono Prabowo, dalam perbincangan bersama Pro 3 RRI, Senin (21/1/2013). Kondisi cuaca di Indonesia terkadang juga dipengaruhi oleh cuaca global seperti sebelah utara dataran China, Filipina, Australia atau sebelah timur Samudera Pasifik.

Namun ia tetap mengimbau masyarakat agar tetap waspada dengan hujan lebat karena akhir dan awal tahun merupakan musim penghujan untuk wilayah DKI Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi dan Tangerang.

“Perlu diantisipasi potensi hujan lebat bisa terjadi. Ini kita lihat secara global. Karena sejak September 2012 hingga April 2013, situasi di Jakarta dan Jabodetabek memasuki masa musim penghujan,” imbaunya.

Selama banjir di Jakarta, BMKG yang merupakan lembaga pemerintah non departemen menjadi buruan media dan masyarakat ikhwal kondisi cuaca, karena BMKG sendiri memiliki tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika.

Dalam melaksanakan tugasnya BMKG juga berkoordinasi dengan instansi terkait seperti pemerintah daerah, Badan Nasional  Penanggulangan Bencana. Nantinya informasi  dari  BMKG, akan langsung disampaikan ke instansi terkait.

Akurasi informasi dari BMKG bisa mencapai 80-90 persen. “Semakin menjauh, prediksi dan akurasi menurun, namun kalau relatif dekat, misal tiga hari sebelum kondisi riil, maka  akuarsi 70 persen. Dan semakin pendek misalnya tiga jam sebelum terjadi kondisi riil kejadian, maka keakuratan 90 persen,” jelasnya. (Sgd/AKS)


Audio


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional