Rehab Sekolah Dihentikan, Siswa Belajar Diteras Warga
Tgl: 16/01/2013 14:26 Reporter: Gandhi Luqmanto

KBRN, Jember : Akibat tersendatnya Pembangunan Rehab Gedung sekolah membuat Puluhan siswa SDN 5 Silo di Desa Karang Baru Kecamatan Silo, Jember harus mengikuti proses belajar mengajar dengan kondisi memprihatinkan.

Pantauaan RRI, Rabu (16/1/2013), Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilakukan dengan penumpang rumah warga dan mushola yang berada disekitar lokasi sekolah. para siswa harus berdesakaan di teras rumah warga tanpa ditunjang fasilitas memadai sehingga sangat menganggu konsentrasi siswa dalam menerima proses belajar mengajar.

Kepala Sekolah SDN 5 Silo, Suwadi mengatakan proses KBM disekolahnya terpaksa harus dilakukan dengan fasilitas seadanya menyusul pembangunan 3 ruang kelas  yang diterima pihak sekolah melalui anggaran DAK 2012 secara kontraktual telah dihentikan oleh pihak diknas sejak bulan Desember lalu.

“Untuk pelaksanaan dilakukan secara kontraktual dan hingga saat ini gak bisa diteruskan karena diputus oleh Diknas karena pelaksanaanya tidak bisa meneruskan,” ungkap Suwandi.

Ditambahkan dari  3 ruang kelas yang mendapat rehab tersebut sebenarnya masih tidak memadai dengan jumlah siswa yang ada disekolahnya untuk itu pihaknya berharap agar dilakukan penambahaan 3 ruang kelas baru.

Sementara ditemui terpisah, Anggota Komisi D DPRD Jember Ra Holil mengatakaan tersendatnya pembangunan sejumlah sekolah yang masuk dalam rehab DAK 2012/ karena keterlambataan juklak dan juknis pelaksanaan yang diterima pihak Diknas sehingga untuk pembangunan kembali harus menunggu anggaran 2013 ini.

“Yang jadi permasalahaan karena juklak dan juknis untuk pelaksanaan DAK 2012 rehab gedung sekolah itu memang terlambat,” jelasnya.

Holil menambahkan ditataran tehnis, untuk realisasi DAK 2013 sepenuhnya diserahkan kepada pihak Diknas sebagai pihak pelaksana, meski demikian Komisi D tetap mendesak pihak Diknas agar segera menyelesaikan persolan yang menyangkut fasilitas dan infrastruktur sekolah agar tidak justru mengorbankan pendidikan para siswa di Kabupaten Jember. (Gandhi/LL/WDA)


Audio


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional