Puting Beliung Terjang Puluhan Rumah di Sumenep
Tgl: 10/01/2013 09:10 Reporter: Moh. Rasikin

KBRN, Sumenep : Enam puluh rumah yang tersebar pada 3 dusun di Pulau/Desa Keramaian, Kecamatan Masalembu Sumenep, Rabu malam (9/1/2013), rusak disapu angin puting beliung. Selain itu sejumlah rumah ada yang diterjang gelombang pasang hingga masuk ke teras rumah.

Sekretaris Desa  Keramaian Kecamatan Masalembu Amrullah mengatakan, 60 rumah yang kerusakannya cukup parah tersebar di Dusun Sudimampir, Dusun Alas Daya, serta Dusun Sumber Hidup, Desa Keramaian Kecamatan Masalembu, bahkan gelombang pasang yang menerjang rumah penduduk ketinggianya mencapai 1 meter.

Ditegaskannya,  warga sangat resah dengan cuaca ekstrim tersebut, karena selain merusak rumah penduduk, juga melumpuhkan aktifitas warga yang mayoritas sebagai nelayan.

"Ini benar-benar gawat, karena selain serangan dari darat berupa angin, warga juga diserang dari laut berupa gelombang pasang, jadi kami tidak bisa berkutik kecuali pasrah, beruntung tidak ada korban jiwa," ungkapnya, Kamis (10/1/2013).

Saat ini aparat desa sudah melakukan pendataan semua rumah yang rusak, untuk disampaikan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar segera mendapatkan bantuan. Selain itu perbaikan tangkis laut di pinggir pantai yang padat perumahan penduduk diharapkan segera dibangun.

"Apabila tidak ada tangkis laut, ya kita tinggal menunggu waktu untuk tenggelam, bukan hanya rumah warga, tapi seluruh Pulau Masalembu akan tenggelam," keluhnya dengan cemas.

Pulau Keramaian berjarak sekitar 29 mil dari arah utara Pulau Masalembu, mempunyai luas wilayah sekitar 9,79 km2 dan dihuni oleh satu desa, yaitu Desa Keramaian dengan jumlah penduduk sekitar  3.287 jiwa. (Rasikin/DS/AKS)


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional