Spesies Baru Iguana Pink Galapagos Difilmkan
Tgl: 01/01/2013 16:51 Reporter: Nugroho

KBRN, London : Penyiar alam liar veteran Inggris David Attenborough untuk pertama kalinya menunjukkan penampakan iguana pink yang langka, dalam serial televisi di Kepulauan Galapagos yang dimulai Selasa (1/1/2013).

Pria berusia 86 tahun ini memfilmkan iguana langka Conolophus Marthae pada bulan Juni tahun lalu untuk seri barunya "Galapagos 3D", yang keluar di televisi Sky Inggris.

Ia hanya diidentifikasi sebagai spesies yang terpisah dalam beberapa tahun terakhir dan itu akan menjadi pertama kalinya makhluk tersebut terlihat di layar kaca, sebagaimana dikutip dari AFP.

Serial ini difilmkan di pulau Isabela di kepulauan vulkanik Ekuador di Samudra Pasifik.

"Ini adalah suatu kehormatan untuk bisa melihatnya," ujar Attenborough.

"Ini adalah hal yang luar biasa di masa dan zaman ini ketika Anda memikirkan jumlah ilmuwan per meter persegi di Galapagos, namun tiba-tiba kita menemukan spesies baru.

"Sedikitnya periwinkle atau tidak ada sesuatu yang diidentifikasi sebelumnya adalah satu hal, tapi ini lebih dari itu: itu hal besar, iguana pink."

Produser eksekutif serial ini Geffen menambahkan, "Ketika ia akhirnya bertatap muka dengan iguana, itu hanyalah salah satu momen paling luar biasa yang pernah saya alami: di sini adalah tempat naturalis terbesar dunia yang datang bertatap muka dengan spesies baru.

"Dalam jejak Charles Darwin namun hampir 200 tahun kemudian, David Attenborough menangkap spesies langka di film untuk pertama kalinya."

Attenborough merayakan 60 tahun bersama BBC tahun lalu dalam karirnya yang memenangi banyak penghargaan dan penghormatan dari masyarakat ilmiah. (NGH/AFP/WDA)


Komentar Anda:


copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional