Pembuatan Akte Kelahiran Sebaiknya Dilakukan Langsung Oleh Pihak Keluarga
Tgl: 03/12/2012 11:39 Reporter: Cece Rukmana

KBRN, Cirebon : Pemohon akte kelahiran di Kota Cirebon selama kurun waktu satu tahun terakhir ini mengalami peningkatan yang luar biasa. Hal ini seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya akte kelahiran.

Kepala Bidang Catatan Sipil, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Cirebon YOYOH ROKAYAH menegaskan, permohonan akte kelahiran sangat mudah dan murah, bahkan bagi yang berusia dibawah 60 hari, tidak dipungut biaya apapun atau gratis.

"Memang pembuatan akta kelahiran untuk usia di bawah 60 hari tidak di pungut biaya" Ujar Yoyoh Rokayah, Senin (3/12/2012).

Sementara bagi yang berusia lebih dari satu tahun proses pembuatan akte kelahirannya harus melalui Pengadilan dengan kisaran biaya yang sudah ditentukan.                 

Menurut Kepala Bidang Catatan Sipil, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Cirebon Yoyoh Rokayah manfaat akte kelahiran sangat luas dan berguna hingga akhir hayat.

Saat ini pembuatan akte kelahiran bukan berdasarkan domisili, melainkan berdasarkan daerah kelahiran.

Walaupun seseorang berdomisili di luar daerah, namun bila lahirnya di Kota Cirebon, akte kelahirannya harus dibuat di Kota Cirebon.

Sebaliknya bila warga Kota Cirebon lahir di luar daerah, maka akte kelahirannya harus dibuat di daerah tersebut.

"Begitu juga bagi warga Kota Cirebon yang melahirkan di luar daerah harus membuat aktanya di daerah kelahirannya" ungkapnya.

Sementara proses penyelesaiannya selama ini maksimal satu minggu, dan kedepan akan diupayakan bisa lebih cepat, kurang dari seminggu, bahkan hanya satu hari.

Permohonan akte kelahiran sebaiknya langsung oleh pihak keluarga agar tidak merasa dibohogi masalah biaya. (Cece Rukmana/LL/BCS)


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional