Pendet, Tari Tradisional dari Bali
Tgl: 20/06/2012 12:08 Reporter: Agus K Supono

KBRN, Jakarta: Tari Pendet pada awalnya merupakan tari pemujaan yang dipamerkan di banyak tempat kuil ibadah umat Hindu di Bali, Indonesia. Tarian ini melambangkan penyambutan kepada para dewa yang jatuh ke alam dunia.

Secara bertahap, seiring perkembangan zaman, para seniman mengubah Pendet menjadi "selamat datang", tapi masih mengandung unsur-unsur yang sakral-religius.

Pendet merupakan pernyataan dari sebuah persembahan dalam bentuk upacara tari. Tidak seperti pertunjukan tarian yang memerlukan pelatihan intensif, Pendet dapat ditarikan oleh semua orang, pria pemangkus dan wanita, dewasa dan anak perempuan.

Tarian ini diajarkan sekedar dengan mengikuti gerakan dan jarang dilakukan di dusun. Gadis muda mengikuti gerakan perempuan yang lebih senior yang mengerti tanggung jawab mereka dalam memberikan contoh yang baik.

Tari putri memiliki pola gerak yang lebih dinamis dari tari Rejang yang dibawa dalam kelompok atau berpasangan. Biasanya ditampilkan pada halaman setelah Rejang candi Tari dan biasanya menghadap ke arah suci (pelinggih) dengan mengenakan pakaian upacara dan masing-masing penari membawa sangku, kendi, mangkuk, dan penawaran peralatan lainnya. (AKS/WisataIndonesia)


Komentar Anda:


copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional