Oknum Polisi Pungli, Diperiksa Propam Polda Jatim
Tgl: 15/06/2012 23:07 Reporter: Anik Hasanah

KBRN, Surabaya : Dugaan adanya kasus suap tilang damai dengan uang yang dilakukan Oknum anggota Unit Sabhara Polsek Kenjeran Surabaya, terhadap seorang pelanggar lalu lintas di Jembatan Suramadu, kini telah diamankan tim paminal Mabes Polri dan Polda Jatim.

Oknum anggota tersebut adalah Bripda Ricky Octavianto. Informasi tentang kejadian itu, bermula sekitar pukul 22.20 WIB, saat Yoseph Ajuwan, yang hendak melintas di tengah jembatan Suramadu, dihentikan oleh Bripda Ricky. 

Yoseph (pelapor,red) dihentikan, karena sepeda motor yang ditumpanginya bersama seorang perempuan itu, tidak ada spion. Pemuda 26 tahun itu ternyatta juga tidak membawa SIM. Menurut yoseph, saat itu dia dimintai uang damai Rp 50 ribu, kemudian memberikannya. Nah, sesaat setelah uang diberikan, tim paminal dari Mabes Polri dan Polda Jatim, menyergap Bripda Ricky.

Polisi itu lantas dibawa ke pos pantau di pintu Suramadu. Bersama dengan 6 petugas yang satu regu dengannya, termasuk perwira pengawasnya, dibawa dan diperiksa ke Propam Polda Jatim. Dari hasil pemeriksaan, dipastikan hanya Ricky yang bertanggungjawab atas dugaan pungli tersebut.

Ketika diperiksa, dirinya membantah telah melakukan pungli. Namun, dari Yoseph, uang itu dibuang Bripda Ricky ke laut, saat petugas provost menyergap Ricky. Hingga kemarin, Ricky masih menjalani pemeriksaan. 

Secara terpisah, Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Tri Maryanto membenarkan adanya anggota Polsek yang melakukan pelanggaran tersebut. "Ada dugaan yang bersangkutan melakukan pelanggaran. Namun, sekarang masih diperiksa. Jika memang nanti terbukti, tentu akan ada sanksinya," tegas Tri, kepada Wartawan, Jum'at (15/6). 

Yoseph juga masih diperiksa terkait dengan pengakuannya tersebut. Kasus ini selanjutnya akan dilimpahkan ke Polrestabes Surabaya, untuk ditindaklanjuti. (Anik/WDA)


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional