KB-KES Bhayangkara Diharap Bisa Memotivasi Warga Kubu Raya Gunakan KB
Tgl: 31/05/2012 07:48 Reporter: Rino Kartono Mawardi

KBRN, Pontianak: Dengan adanya pencanangan Bulan Bhakti KB-KES Bhayangkara, diharapkan masyarakat bisa lebih mengefektifkan program KB, khususnya di Kabupaten Kubu Raya dan juga sekaligus sebagai sumber motivasi bagi kader-kader KB di tengah masyarakat, sehingga program KB lebih efektif.

“Karena Pemkab Kubu Raya, selama ini sudah sangat konsen dalam pelaksanaan KB untuk masyarakat Kubu Raya, dengan mengefektifkan kader-kader KB dan kader-kader Posyandu di tengah masyarakat,” ungkap Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan saat menghadiri pencanagan Bulan Bhakti KB-KES Bhayangkara yang berlangsung di Kecamatan Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya, Rabu (30/5).

Muda mengatakan, untuk kedua kalinya Kabupaten Kubu Raya menjadi tempat pencanangan KB-KES Bhayangkara Kalimantan Barat, di mana pada tahun sebelumnya berlangsung di Kecamatan Sungai Kakap.

Diselenggarakannya Bulan Bhakti KB-KES Bhayangka di Kecamatan Rasau Jaya ini,  karena daerah ini merupakan pengembangan Kota Terpadu Mandiri (KTM), yang dinilai sangat efektif menjadi pusat pencanagan bulan bakti, sebab menjadi interland bagi beberapa Kecamatan yang ada di Kubu Raya.

“Kegiatan ini, merupakan kegiatan untuk yang kedua kalinya diselenggarakan di Kabupaten Kubu Raya. Di mana pada tahun lalu, juga di selenggarakan di daerah kita, yaitu di Kecamatan Sungai Kakap,” paparnya.

Sementara itu, Kapolda Kalbar, Brigadir Jendral Polisi Unggung Cahyono mengatakan, seiring dengan bergulirnya reformasi di berbagai bidang, maka diperlukannya kegiatan-kegiatan yang dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Selain itu, diperlukan juga peningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat sebagai makna dari KB KES itu sendiri.

“Kita minta, masyarakat juga bisa mendukung kegiatan ini dengan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” bebernya.

Unggung menilai, dengan kesehatan dan kesejahteraan yg baik di masyarakat maka akan secara otomatis akan meningkatkan pelayanan yang baik pula. Selain itu, pihaknya juga akan menciptakan masyarakat yang sehat, berkualitas dan terdepan serta menyiapkan generasi bangsa untuk pembangunan di seluruh segmen.

“Kita sebagai pengayom dan pelindung masyarakat, tentunya kita akan berusaha mengoptimalkan di dalam memberikan pelayanan KB kepada masyarakat. Agar, masyarakat bisa sehat, berkualitas, dan terdepan di dalam kesejahteraan,” tuturnya.

Unggung mengatakan, untuk merealisasikan program di atas tadi, pihaknya juga melakukan kerjasama antar instansi yang sudah tercipta dan menjaga demi memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, dengan turun langsung kelapangan untuk melakukan pengecekan di tengah masyarakat untuk mendata dan mengevaluasi target pelaksanaan KB-KES ditengah masyarakat.

“Kita akan turun ke lapangan guna mengecek langsung bagaimana pelaksanaan KB-KES oleh masyarakat serta mendata dan mengevaluasi target utama dari KB-KES itu sendiri,” pungkasnya. 

Di sisi lain, Kepala BKKBN Prov Kalbar Dwi Listyawardani mengatakan, untuk tahun 2011 lalu, Kalbar termasuk provinsi yang terbaik dalam pelaksanaan KB tingkat Nasional, sementara pada tahun 2012 ini, Kalbar juga termasuk peserta KB Pasca Salin terbaik tingkat Nasional. Dimana Kalbar merupakan satu diantara 4 Provinsi di Indonesia yang pengelolaan programnya, merupakan yang terbaik, dan sistem informasi di Kalbar juga dinilai sudah sangat baik, khususnya dalam hal pelayanan KB.

“Alhamdulillah, pada tahun ini kita bisa menjdai yang terbaik di dalam KB Pasca Salin dan pada tahun lalu, kita juga bisa menjadi yang terbaik dalam pelaksanaan KB untuk tingkat Nasional,” jelas Dwi.

Kegiatan Bulan Bhakti KB-KES ini resmi ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Kapolda, didampingi Kapolsek Rasau Jaya, Bupati Kubu Raya, Kepala BKKBN Provinsi Kalbar, serta perwakilan Pemerintah Provinsi Kalbar. (Rino K/ADR/AKS)


Audio


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional