• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

POLITIK

Cegah Penyebaran Covid-19, Beberapa Tahapan Pilkada 2020 di Kabupaten Nias Akan Di Tunda

25 March
15:59 2020

KBRN,Gunungsitoli : KPU RI memerintahkan kepada penyelenggaran pemilu di seluruh daerah yang sedang melaksanakan tahapan pilkada 2020 agar menunda beberapa tahapan pilkada yang sedang berlangsung saat ini. Penundaan tahapan Pilkada 2020 untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang sedang melanda Indonesia saat ini.

Komisioner KPU Kabupaten Nias Dedi Kurniaman Bate’e kepada RRI menyampaikan bahwa penundaan beberapa tahapan penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nias tahun 2020 berdasarkan berdasarkan Surat Keputusan KPU No. 179/2020 dan Surat Edaran KPU No. 8/2020 yang sudah diterima Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Nias.

Dijelaskan Dedi, adapun tahapan yang akan ditunda pelaksanaannya yakni Verifikasi Faktual dukungan Pasangan Calon Perseorangan., Rekrutmen Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), dan juga tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) oleh PPDP/

“ Sesuai surat edaran dari KPRI RI, ada beberapa tahapan pilkada 2020 di kabupaten Nias yang akan kita lakukan penundaan. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 “ ujarnya (Rabu/25/3/2020).

Sementara untuk pelaksanaan pemungutan suara pada pilkada serantak tahun 2020 dilanjutkan Dedi, sesuai petunjuk dari KPU RI akan tetap digelar pada tanggal 23 september 2020 akan datang. Namun pihak KPU kabupaten Nias akan terus berkoordinasi dengan pihak KPU pusat bila terjadi perubahan jadwal.

Ia menambahkan, menindaklanjuti penundaan beberap tahapan Pilkda di kabupaten Nias, pihak KPU kabupaten Nias sudah melakukan koordinasi langsung dengan pihak Bawaslu Kabupaten Nias, dan selanjutnya akan mengeluarkan keputusan Edaran ketua KPU kabupaten Nias untuk di sampaikan kepada seluruh masyarakat kabupaten Nias dan juga bagi calon perseorangan yang sudah mendaftar di KPU kabupaten Nias. (Bobi R)

00:00:00 / 00:00:00