• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Pemkab Nias Akan Menanggung Seluruh Biaya Bagi Warganya Yang Terjangkit Covid-19

24 March
05:52 2020

KBRN,Gunungsitoli: Pemerintah Kabupaten Nias memastikan bahwa antisipatif dan perlindungan wabah virus corona terhadap kesehatan masyarakat di kabupaten Nias menjadi skala prioritas.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Kepala Bappeda) Kabupaten Nias Edwin F.Hulu,MT kepada RRI mengatakan, dalam perencanaan pembahasan APBD kabupaten Nias memang belum ada pengalokasian anggran terkait dengan masalah Covid-19 ini, namun alokasi belanja untuk biaya tidak terduga dalam peraktek penyusunan APBD selalu disisihkan untuk kondisi darurat seperti antisipasi wabah Virus Corona yang sedang melanda Indonesia saat ini.

“ anggaran untuk wabah covid-19 ini memang tidak ada, namun dengan kondisi seperti ini kita bisa menggunakan alokasi belanja untuk biaya tidak terduga dalam APBD dengan tahapan dan prosedur yang harus dipenuhi “ Ujarnya (Senin/23/3/2020).

Dijelaskan Edwin, Kondisi darurat penanganan Covid-19 ini sesuai Permendagri Nomor 20 tahun 2020 tentang percepatan penanganan jangkitan covid-19, termasuk Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Angaran itu nantinya di tuturkan Edwin akan difokuskan pada penanganan dan pencegahan Covid-19, seperti penanganan bagi pasien yang positif terjangkit Covid-19. (Bobi R)

00:00:00 / 00:00:00