• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Cairan Desinfektan Akan Di Semprot Di Rumah-Rumah Warga Di Nias Utara.

23 March
20:21 2020

KBRN, Gunungsitoli : Tim Pencegahan dan Penanganan Virus Corona Disease (Covid-19)  Kabupaten Nias Utara terus melakukan penyemprotan cairan desinfektan di Kantor Pemerintah, Rumah-rumah ibadah dan hari ini, Senin (23/3/2020) Pihak BPBD bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Utara, melanjutkan penyemprotan di masing-masing kantor Kecamatan Di Kabupaten Nias Utara.

Juru Bicara Pencegahan dan Penanganan Virus Corona (covid-19) di Kabupaten Nias Utara Yaadil Telaumbanua menyatakan, aksi pencegahan penyebaran virus corona melalui penyemprotan desinfektan, tidak hanya di kantor Pemerintah dengan rumah rumah ibadah tetapi akan di upayakan pada seluruh rumah rumah warga di Kabupaten Nias Utara.

Yaadil menjelaskan, bahwa penyemprotan cairan desinfektan, baik di kantor pemerintah, rumah ibadah maupun di rumah-rumah warga guna  mencegah virus  corona (Covid – 19) di  Nias Utara.

Yaadil juga menyampaikan bahwa tim Pencegahan dan Penanganan Virus Corona di Nias Utara, tidak hanya melakukan penyemprotan cairan desinfektan, tetapi melakukan pemantauan warga Nias Utara baik yang berada di 11 Kecamatan dan juga yang datang dari Luar Kepulauan Nias, dengan menugaskan tenaga kesehatan di bandara binaka dan pelabuhan angin Gunungstoli.

" Hingga kini warga Nias Utara yang masih status Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 29 orang,  dan di harapkan Dinas Kesehatan terus memantau kesehatan yang ODP tersebut" Harap, Yaadil.

Yaadil juga menghimbau agar warga tidak panik,  yang penting menjaga kesehatan mengurangi jumlah aktivitas di luar rumah dan interaksi dengan orang lain, mengurangi kontak tatap muka langsung guna memutus penyebaran virus corona di masyarakat serta tetap berdoa agar terhindar dari penyakit.

Kemudian, bila ada masyarakat yang mengalami demam, sakit tenggorokan dan batuk- batuk, segera datang ke Puskesmas untuk di periksa oleh dokter.

" Bupati Nias Utara pada pertemuan di Kantor Bupati menegaskan akan menanggung biaya warga yang positif Corona di Kabupaten Nias Utara, dengan syarat memiliki KTP Domisili Nias Utara" ungkap, Yaadil.

Tim yang ikut pada pencegahan dan penanganan Virus Corona (covid -19), Dinas Kesehatan, BPBD, Asisten 1, Dinas Kominfo, Dinas Pendidikan dan dinas terkait lainnya.

  • Tentang Penulis

    Munieli Harefa

    Reporter RRI Gunungsitoli<br /><br />

  • Tentang Editor

    Munieli Harefa

    Reporter RRI Gunungsitoli<br /><br />

00:00:00 / 00:00:00