• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

BMKG Gunungsitoli: Waspadai Angin Kencang Selama Musim Pancaroba

26 February
15:04 2020

KBRN, Gunungsitoli: BMKG Stasiun Binaka Gunungsitoli memperkirakan fenomena angin kencang yang sudah terjadi dan menyebabkan kerusakan rumah warga khususnya di kota Gunungsitoli masih akan terjadi hingga beberapa waktu kedepan.

Hal itu disampaikan Observer BMKG Stasiun Binaka Gunungsitoli Muhammad Niza Andria, Rabu (26/2/2020).

Dikatakannya fenomena angin kencang atau angin puting beliung jamak terjadi pada musim pancaroba, dimana musim pancaroba atau peralihan terjadi selama 2 kali dan setahun yakni dari bulan Desember hingga Maret dan bulan Juni hingga September.

Niza menjelaskan hasil analisa menunjukkan bahwa fenomena angin kencang dan cuaca cerah tersebut karena adanya pergerakan angin dari arah timur laut yang bergerak ke pusat tekanan rendah di Samudera Hindia.

“Angin kencang di kepulauan Nias juga disebabkan oleh konvergensi lokal atau pertemuan dua massa udara (akibat suhu muka laut yg hangat) sehingga berpotensi membentuk angin kencang di sekitarnya lalu menyebar ke lapisan atmosfer di atasnya”, terang Niza.

Memang dikatakannya angin puting beliung yang menyebabkan kerusakan rumah pada tanggal 19 dan 22 Februari 2020 di 4 desa di kecamatan Gunungsitoli berdasarkan pantauan radar cuaca hanya terjadi di kota Gunungsitoli, meski demikian diharapkan seluruh masyarakat di kepulauan Nias agar meningkatkan kewaspadaan.

Selain itu ia juga mengingatkan warga mewaspadai cuaca panas yang sedang berlangsung, BMKG mencatat suhu tertinggi di kepulauan Nias kini sudah mencapai 34 ?C dengan kelembaban udara 58 – 98 %.

  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

00:00:00 / 00:00:00