• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

POLITIK

Batas Akhir Penyerahan Persyaratan, 3 Pasang CAKADA Perseorangan Serahkan Syarat Dukungan di KPU Kab.Nias

24 February
11:57 2020

KBRN,Gunungsitoli: 3 Pasang calon Bupati dan Wakil Bupati Nias yang maju pada Pilakda 2020 melalui jalur perseorangan secara resmi telah menyerahkan syarat dukungan di kantor KPU Kabupaten Nias. adapun pasangan calon perseorang yang menyerahkan dokumen persyaratan di KPU kabupaten Nias yakni pasangan calon perseorangan Enanoi Dohare- Yulius Lase(ENONIU), pasangan calon Faigiasa Bawamenewi - Damai Jaya Mendrofa (FAA-DAMAI) dan pasangan calon Fajar Waruwu dan Peringatan Zebua (FAERI).

Ketua KPU Kabupaten Nias Firman Mendrofa,SE kepada RRI mengatakan, jadwal penyerahan syarat dukungan tersebut sudah berakhir tadi malam pukul 24.00 waktu Indonesia barat. Dan saat ini pihak KPU kabupaten Nias sedang melakukan penelitian terhadap seluruh syarat dukungan yang sudah diserahkan hingga 14 hari kedepan. Dan dilanjutkan dengan verifikasi factual yang dilakukan oleh penyelenggara di tingkat desa, untuk memastikan seluruh dukungan persyaratan yang diserahkan itu memang benar benar murni dari masyarakat.

“ di batas waktu hingga tanggal 23 Februari 2020 pukul 24.00 wib, kita sudah menerima syarat dukungan dari 3 pasang calon kepala daerah yang maju melalui jalur perseorangan “ Ujar ketua KPU Kab.Nias (Senin/24/2/2020).

Dan jika persyarat tersebut masih kurang di tuturkan Firman, maka pihak KPU akan memberikan waktu tambahan bagi seluruh calon pasangan perseorangan untuk mengumpulkan kembali syarat dukungan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dilanjutkan Ketua KPU Kabupaten Nias, adapun jumlah syarat dukungan yang harus dikumpulkan Calon Kepala Daerah yang maju melalui jalur perseorangan, masing masing calon harus mengumpulkan dukungan KTP Elektronik sebanyak 10 persen dari DPT pemilu terakhir, atau 9.350 pendukung yang sudah di input melalui Aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON), dan dilengkapi dengan formulir surat pernyataan dukungan dari setiap masyarakat, paling sedikit tersebar di 6 wilayah kecamatan Se kabupaten Nias. (Bobi R)

00:00:00 / 00:00:00