• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Sepuluh Kali Gempa di Minggu Ketiga Februari,Tidak Dirasakan Warga di Kepulauan Nias

21 February
19:22 2020

KBRN, Gunungsitoli : Hasil analisa pada periode minggu ketiga bulan Februari 2020 terdapat 10 kejadian gempabumi yang berada di sekitar pulau Nias. Pada periode minggu ketiga ini, aktifitas gempabumi mengalami sedikit penurunan dibandingkan dengan periode sebelumnya yang memiliki 11 kejadian gempabumi.

Pengamat gempabumi dari BMKG Stasiun Geofisika Gunungsitoli, Randy Sitorus mengatakan pada tanggal 14 sampai tanggal 20 Februari 2020 telah terjadi gempabumi tektonik sebanyak 10 kali kejadian. Dari 10 kejadian gempabumi pada periode minggu ketiga ini, tidak ada gempabumi yang dirasakan oleh masyarakat Nias.

“Catatan gempabumi pada periode minggu ketiga adalah gempabumi dengan kekuatan dibawah magnitudo 3 terdapat 1 kejadian, pada  gempabumi dengan kekuatan antara magnitudo 3 sampai 4 sebanyak 3 kali kejadian, sedangkan pada gempabumi dengan kekuatan diatas magnitudo 4 tidak ada kejadian”, sebut Randy, Jum’at (21/2/2020).

Sebaran pusat gempabumi (episenter) yang terjadi disekitar wilayah kepulauan Nias dan sekitarnya yang berada di laut dan darat masih disebabkan oleh aktifitas zona subduksi antara lempeng indo australia dengan lempeng Eurasia.

Ia mengimbau kepada masyarakat Kepulauan Nias agar tetap tenang dan peduli dengan lingkungan sekitar, gempabumi tidak berbahaya asal kita tahu langkah mitigasi dan tanggap bencana khususnya gempabumi dan tsunami. Serta jangan mudah termakan berita hoax, segala informasi terkait gempabumi dan tsunami yang valid berasal dari BMKG.

“Mari kita kenali Bahaya-Kemampuan-kelemahan (Kerentanan), kemudian belajar dan berlatih menghadapi bencana, hal ini tentunya untuk mengurangi akibat atau dampak dari bencana tersebut”, pungkasnya.

  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

00:00:00 / 00:00:00