• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

POLITIK

KPU Kab.Nias Mulai Menerima Syarat Dukungan Cakada Yang Maju Melalui Jalur Perseorangan Pilkada 2020

20 February
17:28 2020

KBRN,Gunungsitoli: Komisi pemilihan umum (KPU) kabupaten Nias saat ini tengah menerima syarat dukungan dari masing masing calon kepala daerah yang maju melalui jalur perorangan atau independen pada Pilkada 2020 di Kabupaten Nias.

Ketua KPU kabupaten Nias Firman mendrofa kepada RRI mengatakan, penyerahan syarat dukungan bagi calon kepala daerah yang maju melalui jalur perseorangan telah berangsung dari tanggal 19 Februari dan berakhir tanggal 23 februari pukul 24.00 wib.

Firman menjelaskan, adapun pasangan calon kepala daerah yang maju melalui jalur perseorangan atau independen yang sudah menyerahkan syarat dukungan hingga hari ini tanggal 20 Februari 2020 di kantor KPU Kabupaten Nias yakni pasangan calon ENONIU.

“ hingga hari ini baru satu pasang Cakada Bupati dan Wakil Bupati Nias yang sudah kita terima syarat dukungan yang maju melalui jalur perorangan atau independen pada Pilkada 2020 di Kabupaten Nias, dan kita masih menunggu calon Cakada lainnya hingga batas waktu tanggal 23 februari 2020 “ Ujar ketua KPU Kab.Nias (kamis/20/2/2020).

Lebih jauh dijelaskan Ketua KPU Kabupaten Nias, Adapun jumlah syarat dukungan yang harus di kumpulkan oleh masing masing calon kepala daerah yang maju melalui jalur perseorangan diwajibkan harus mengumpulkan dukungan KTP Elektronik sebanyak 10 persen dari DPT pemilu terakhir, atau 9.350 pendukung yang sudah diimput melalui aplikasi sistem informasi pencalonan (Silon), dan dilengkapi dengan formulir surat pernyataan dukungan dari setiap masyarakat, paling sedikit tersebar di 6 wilayah kecamatan Se kabupaten Nias.

Ditambahkan Firman, sejauh ini ada 3 pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Nias yang maju melalui jalur perseorangan yang sudah mengambil formulir di KPU Kabupaten Nias. Masing masing pasangan calon  ENONIU, pasangan calon FA’ADAMAI, dan pasangan calon FAERI.(Bobi R)

00:00:00 / 00:00:00