• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Bupati Nias Ajak Masyarakat di Kabupaten Nias Isi Sensus Penduduk Secara Online

20 February
09:16 2020

KBRN,Gunungsitoli : Untuk mensukseskan pelaksanaan Sensus penduduk secara online tahun 2020, Bupati Nias mengajak seluruh masyarakat dikabupaten Nias agar berpartisipasi aktif untuk mengisi data sensus secara mandiri atau online. Hal itu disampaikan Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli,MM saat membuka pelaksanaan rapat koordinasi daerah sesnsus penduduk tahun 2020 di kabupaten Nias.

Acara yang digelar di ruang rapat lantai III kantor Bupati Nias dihadiri Sekretaris daerah kabupaten Nias, Kapolres Nias, Dandim 0213/Nias, kepala BPS Kabupaten Nias, serta seluruh kepala OPD dilingkup kerja pemkab Nias.

Dikatakan Bupati Nias, penyelenggaraan Sensus Penduduk yang sudah dimulai sejak tanggal 15 Februari 2020 yang lalu akan membantu pemerintah dalam mengambil kebijakan secara optimal. Dengan hasil sensus, pemerintah bisa mengetahui setiap kondisi ataupun angka yang dibutuhkan bagi pemerintah, sehingga kebijakan tersebut tidak salah sasaran.

“ kita mengapresiasi atas pelaksanaan Sensus Penduduk yang dilakukan secara online, sehingga dapat mempermudah masayarakat dan juga mengefesiensikan waktu “ Ujarnya (Kamis/20/2/2020)

Bupati Nias juga instruksikan kepada seluruh Camat di wilayah kabupaten Nias agar menghimbau dan mengedukasi masyarakat untuk mengisi sensus penduduk.

Sementara itu Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Nias Fredi Situngkir menyampaikan bahwa Sensus Penduduk 2020 dilakukan dengan 2 tahap. Tahap pertama, mulai tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020 dilakukan Sensus Penduduk secara mandiri secara online. Tahap kedua, bagi masyarakat yang tidak mengisi secara online, maka petugas BPS akan mendatangi masyarakat secara langsung.

Adapun tata cara pengisian Sensus Penduduk Online, pertama masuk ke laman sensus.bps.go.id. Kemudian masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK). Lalu klik kotak kosong dan isikan captcha/kode, selanjutnya klik “cek keberadaan”. Selanjutnya buat kata sandi dan masuk. Selebihnya ikuti petunjuk yang ada dan jawab pertanyaan yang diberikan dengan jujur dan benar. Setelah mengisi klik tombol kirim. (Bobi R)

00:00:00 / 00:00:00