• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Inilah Aktivitas Gempa Minggu Kedua Februari 2020 di Kepulauan Nias

14 February
15:23 2020
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) Pelaksana lanjutan dari BMKG Stasiun Geofisika Gunungsitoli Takdir Aman Laoli mengatakan pada Minggu Kedua bulan Februari 2020 telah terjadi gempa bumi tektonik di wilayah Kepulauan Nias dan sekitarnya sebanyak 11  kali kejadian.  Peningkatan jumlah gempabumi yang tercatat dibandingkan dengan gempa pada minggu sebelumnya tidak terlalu signifikan, dimana pada minggu sebelumnya tercatat 10 kali kejadian gempabumi. 

“Dari 11 event gempabumi yang tercatat selama minggu kedua bulan Februari 2020, 3 kali gempabumi dengan magnitude lebih besar atau sama dengan 4 SR, 8 kali gempbumi antara 3 - 4 SR sementara gempabumi dengan magnitude kurang dari 3 SR tidak ada”, ungkap Takdir, Jumat (14/2/2020).

Sebaran pusat gempabumi (episenter) yang terjadi disekitar wilayah kepulauan Nias dan sekitarnya yang berada di laut dan darat masih disebabkan oleh aktifitas zona subduksi antara Lempeng Indo- Australia dengan Lempeng Eurasia.

Menurut pengamatan dan analisa Gempabumi BMKG Stasiun Geofisika Gunungsitoli, dari seluruh kejadian gempabumi berada di sekitar wilayah kepulauan Nias, tercatat 1 gempabumi hanya dirasakan di wilayah Mandailing Natal dengan Magnitude 4,5 SR. Terjadi pada tanggal 12 Februari 2020 pukul 12:55:10 WIB, berada pada koordinat 0.82 LU dan 98.94 BT berlokasi di laut, pada jarak 69 Km Baratdaya Mandailing Natal Sumut pada kedalaman 10 Km. Tidak ada informasi gempa ini dirasakan oleh masyarakat di Kepulauan Nias serta tidak berpotensi Tsunami. 

Ia menghimbau kepada masyarakat kepulauan Nias agar tidak mudah termakan berita hoax, segala informasi terkait gempabumi dan tsunami yang valid berasal dari BMKG.

“Gempabumi tidak berbahaya asal kita tahu langkah mitigasi dan tanggap bencana khususnya gempabumi dan tsunami. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (User pemda, pswd pemda-bmkg) atau infobmkg”, pungkas Takdir.

  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00