• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Penyusunan APBDES Di Nias Utara Perlu Dipercepat.

14 February
09:28 2020
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli : Pemerintah Nias Utara melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) meminta Pemerintah Desa, agar betul betul serius menyusun Anggaran pendapatan Belanja Desa (APBDES)  dan melaksanakan kegiatan ketika dana desa telah masuk kerekening desa.

Kepala Bidang PUEM Dinas PMD kabupaten Nias Utara Sukemi Harefa mengatakan, kendala selama ini sehingga desa-desa di Kabupaten Nias Utara tidak menyelesaikan APBDEs yakni, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) belum di lantik dan sesuai yang telag di tetapkan pemerintah daerah bahwa APBDES tersebut harus di selesaikan di bulan Februari 2020.

“Bila desa sudah menyelesaikan APBDES tahun 2020 tersebut, pihak Dinas PMD Kabupaten Nias Utara,  akan merekomendasikan untuk pencairan dana tahap pertama dari rekening Kas Negara melalui KPPN Gunungsitoli langsung ke rekening desa” Ujar, Sukemi, Jumat (14/2/2020).

Sukemi mengungkapkan, bahwa mulai tahun 2020 ini, dana desa yang di alokasikan di setiap desa harus terserap seratus persen hingga akhir Desember 2020, dan bila tidak  terserap maka sisa dana tersebut di kembalikan ke kas Negara dan tidak dalam bentuk Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) di tahun berikutnya.

Menurut Sukemi, pengelolaan dana desa tahun 2020 ini harus di percepat oleh desa, dan nantinya Pihak Inpektorat bersama Dinas PMD akan meninjau hasil pekerjaan yang di laksanakan melalui dana desa di  setip desa sehingga tidak terjadi lagi penyelewengan dana desa. (MH)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00