• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

BPS Ajak Masyarakat Mengisi Sensus Penduduk Online 2020

13 February
15:16 2020
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Masyarakat di kota Gunungsitoli diimbau untuk berpartisipasi pada Sensus Penduduk Online (SP Online) yang dimulai pada tanggal 15 Februari - 31 Maret 2020.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Gunungsitoli, Sabar Alberto Harianja pada acara Dialog Isu Aktual di RRI Gunungsitoli mengatakan Sensus Penduduk adalah pendataan penduduk/warga secara menyeluruh yang dilaksanakan setiap 10 tahun sekali, dimana Data penduduk yang dikumpulkan dijamin keamanan dan kerahasiaannya oleh Undang-Undang No. 16 Tahun 1997 tentang Statistik.

Tujuan dari Sensus Penduduk ini adalah Dasar perencanaan dan evaluasi pembangunan di berbagai bidang antara lain Pendidikan, Kesehatan, Perumahan, Tenaga Kerja, dan Bidang lain. Sedangkan manfaatnya yakni untuk Mengetahui kebutuhan infrastruktur seperti Jumlah dan fasilitas sekolah, jumlah dan fasilitas kesehatan, fasilitas komunikasi seperti jaringan telepon dan internet yang memadai serta infrastruktur lainnya

Untuk Sensus penduduk pada tahun 2020 ini, BPS menggunakan system online, alasannya antara lain membangun budaya baru di masyarakat terhadap arti dan pentingnya data, dimulai dari kepedulian terhadap data pribadinya, dan juga mengatasi responden yang tidak tersentuh oleh petugas sensus.

“Melalui SP Online juga akan memudahkan masyarakat dengan memberikan berbagai pilihan cara untuk berpartipasi dalam sensus, apalagi pengenalan masyarakat pada teknologi sudah sangat baik”, jelas Sabar, (13/2/2020).

Selain itu untuk mensukseskan kegiatan Sensus Penduduk Online ini BPS akan melakukan Rapat Koordinasi di 6 kecamatan se-kota Gunungsitoli mulai tanggal 17 - 28 Februari 2020.

“Harapan kami para kepala desa akan membantu warganya dalam pengisian SP Online ini, selain itu target kami seluruh ASN, Pelajar atau Mahasiswa akan menjadi contoh kesadaran mengisi SP Online”, ujarnya lagi.

Untuk diketahui Sensus Penduduk 2020 ini adalah sensus yang ketujuh kalinya sejak tahun 1961 dan dilaksanakan juga serentak di 54 negara di dunia.

  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

00:00:00 / 00:00:00