• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

POLITIK

Bawaslu Kabupaten Nias Siap Mengawasi Seluruh Tahapan Pilkada 2020 Di kab.Nias

12 February
15:08 2020
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli : Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kabupaten Nias akan terus melakukan pengawasan terhadap seluruh tahapan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah tahun 2020 khsusnya di wilayah kabupaten Nias. hal itu di sampaikan ketua Bawaslu Kabupaten Nias Novan Hura,SH kepada RRI.

Dikatakan Novan, sesuai yang diamanatkan dalam Undang undang bahwa Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu akan melaksanakan tugas pengawasan dan penegakan hukum Pilkada Serentak 2020. Upaya ini dilakukan dalam rangka menjamin pilkada dilakukan secara jujur, adil, demokratis, dan berkepastian hukum.

Novan menuturkan, pada pelaksanaan pemilu 2019 yang lalu, Bawaslu bersama dengan pihak kepolisian dan kejaksaan telah membentuk sentra penegakan hukum terpadu (Gakumdu) dalam menangani seluruh pengaduan pelanggaran pemilu. Dan dikabupaten Nias sendiri, sentra Gakumdu ini sudah berjalan dengan baik, dimana pada pemilu serentak 2019 yang lalu, sentra Gakumdu kabupaten Nias mendapat penghargaan terbaik ke 3 sesumatera utara dalam menangani permasalahan pemilu.

“ Meskipun telah terbentuk sentra Gakumdu dalam penangan pemilu, ketua Bawaslu kabupaten Nias tetap mengingatkan kepada masyarakat agar tetap mengawasi seluruh tahapan penyelenggaraan pemilu kepada daerah yang sedang berlangsung saat ini, mulai dari perekrutan tenaga PPK, pendaftaran calon kepala daerah melalui jalur perseorangan, maupun  Pemutakhiran Data Pemilih “ Ujarnya (12/2/2020).

Pada tahun 2020 ini, terdapat 270 daerah yang akan menyelenggarakan pemilihak kepala daerah, diantaranya 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota di Indonesia. salah satu diantaranya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nias yang akan digelar serentak pada 23 September 2020. (Bobi R)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00