• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Usulkan Penggunaan Dana Desa Untuk Membeli Kontainer Sampah

13 January
09:14 2020
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Jika berbicara tentang pengendalian sampah, memang secara parsial, hal tersebut menjadi tanggung jawab setiap pribadi. Terlebih lagi, dengan situasi yang ada saat ini, kendala penanganan sampah diakui Dinas Lingkungan Hidup DLH Kota Gunungsitoli belum begitu maksimal teratasi. Namun demikian DLH terus berupaya meningkatkan kinerja dalam penanganan persoalan terkait kebersihan wilayah tersebut.

Dalam melaksanakan kinerja di lapangan, saat ini beberapa kecamatan di wilayah kota Gunungsitoli, contohnya kecamatan Gunungsitoli Idanoi, terdapat lokasi tertentu yang mendapat pelayanan pengangkutan sampah seperti di kawasan Pertamina dan di beberapa lokasi lainnya yang telah menjadi lokasi wajib retribusi.

“Meskipun demikian, cukup banyak pihak yang mengajukan ke DLH kota Gunungsitoli untuk mendapat pelayanan penanggulangan persampahan, nah kita di DLH kota Gunungsitoli senantiasa terus berupaya meningkatkan pelayanan, tentunya, dengan mendasar pada jangkauan dan kemampuan armada sampah yang kita miliki di kota Gunungsitoli,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Gunungsitoli Yarniwati Gulo, Senin (13/01/2020).

Untuk itu, sebagai peningkatan program di bidang lingkungan hidup, maka DLH kota Gunungsitoli berupaya meningkatkan pelayanan di tingkat desa, meskipun masih terbatas.

“Dalam hal ini, kami dari pihak DLH menganjurkan pihak desa di berbagai kecamatan di kota Gunungsitoli, bahwa melalui dana desa, mengusulkan kepada pihak desa di berbagai kecamatan di kota Gunungsitoli untuk menyediakan fasilitas pengolahan sampah seperti container melalui Dana Desa,” ujar Yarniwati Gulo.

Untuk saat ini, di skala desa, pihak DLH masih belum bisa melayani penjemputan ataupun pengangkutan sampah, untuk itu, supaya mempermudah pengolahan sampah, diharapkan setiap desa bisa membeli melalui dana desa fasilitas pengolahan sampah seperti container, pada pengaplikasiannya nanti, pihak DLH akan melakukan penjemputan container sampah itu, seperti di pasar Luaha.

“Diharapkan kepada pihak desa yang berada di kecamatan bisa menyediakan tempat sampah agar memudahkan pihak DLH dalam melakukan penjemputan”, ungkap Kepala Dinas DLH kota Gunungsitoli.

  • Tentang Penulis

    Ida Rahmi Telaumbanua

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Ida Rahmi Telaumbanua

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00