• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Mudahkan Penagihan Bantuan Dana Bergulir, Pemkab Nias Jalin Kerjsama dengan Kejari Gunungsitoli

3 December
14:50 2019
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli: Pemerintah kabupaten Nias akan terus mengoptimalkan penyaluran dana bergulir, utamanya kepada koperasi dan UMKM. Penyaluran bantuan dana bergulir tersebut diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di wilayah kabupaten Nias.

Untuk menjamin kelancaran penyaluran dana bergulir kepada kelompok UMKM dan Koperasi di kabupaten Nias, pemerintah kabupaten Nias melalui Dinas ketenagakerjaan dan koperasi telah melakukan penandatanganan kerjasama dengan pihak kejaksaan negeri Gunungsitoli.

Kepala Dinas ketenagakerjaan dan koperasi Kabupaten Nias Tolona Laoli,SH kepada RRI mengatakan, kerjasama itu dilakukan untuk mempermudah penagihan penyaluran bantuan dana bergulir. Mengingat selama ini masih banyak kelompok UMKM dan Kopersi yang masing belum mengembalikan bantuan dana bergulir yang sudah dipimjam.

“ sesuai data yang kita himpun dilapangan, ada 225 kelompok yang masih belum mengembalikan bantuan dana bergulir dari tahun 2013 hingga 2016. diantaranya 8 kelompok kopersi dan 217 UMKM. dana yang diteriama ini berfariasi setiap kelompok UMKM maupun kelompok kopersi, ada yang meminjam Rp 5 juta hingga Rp100 juta rupiah “ kata Tolona Laoli,SH (Selasa,3/12/2019).

Mengacu dari data tersebut dijelaskan Tolona Laoli, pihaknya telah menggandeng pihak kejaksaan untuk bersama sama melakukan penagihan kepada pihak kelomok UMKM maupun kelompok Kopersi yang sudah meminjam bantuan dana bergulir, sehingga diharapkan dana yang sudah dipimjamkan dapat dikembalikan, dan di gulirkan kembali kepada kelompok lain yang ada di kabupaten Nias.

Dilanjutkan kadis ketenaga kerjaan dan kopersi kabupaten Nias, dana bantuan berglir sebelum di berikan, para kelompom UMKM dan Kopersi sudah mendantangani perjanjian untuk mengembalikan dana bantuan bergulir secara bertahap, selama 36 bulan setelah digulirkan. Akibat dari penunggakan tersebut, dana bergulir yang macet mencapai Rp 2 miliar rupiah.

“ saat ini Dinas ketenagakerjaan dan kopersi bersama kejaksaan Negeri Gunungsitoli sudah melakukan sosialisasi kepada kelompok UMKM dan Koperasi di beberapa kecamatan, agar bisa mengembalikan bantuan dana bergulir ini “ Ujarnya. (Bobi R)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00