• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Aktivitas Kegempaan di Kepulauan Nias Pada Minggu Ke-4 November 2019

29 November
17:14 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Aktivitas kegempaan di wilayah Kepulauan Nias dan sekitarnya pada minggu ke-4 November 2019 meningkat bila dibandingkan dengan minggu ke-3 November 2019.

Kepada RRI Pengamat Meteorologi dan Geofisika Stasiun Geofisika Gunungsitoli Martin P. J. Nababan mengatakan selama pekan Ke empat bulan November 2019, telah terjadi gempa bumi tektonik di wilayah Kepulauan Nias dan sekitarnya sebanyak 21 kali kejadian gempabumi.

“Diantaranya 4 kejadian gempabumi di Pulau Sumatera, 8 kejadian gempabumi di Pulau Simelue dan 9 kejadian gempabumi di sekitar kepulauan Nias. Sebagian besar gempabumi disebabkan oleh adanya aktivitas zona subduksi yaitu pertemuan lempeng Indo-Australia yang relatif bergerak menunjam lempeng Eurasia, selebihnya disebabkan oleh sistem sesar besar sumatera”, jelas Martin, Jum’at (29/11/2019).

Ditambahkannya dari 21 kejadian gempabumi diantaranya dengan magnitude kurang dari 3 tercatat sebanyak sembilan kejadian gempa, magnitude antara tiga sampai dengan empat  tercatat sebanyak tujuh kejadian, sementara untuk gempabumi dengan kekuatan magnitude lebih dari empat sebanyak lima kejadian.

Berdasarkan kejadian gempabumi selama pekan ke empat bulan November 2019, tidak terdapat gempabumi dirasakan yang terjadi di wilayah Nias dan sekitarnya”, imbuhnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat Kepulauan Nias agar peduli dengan lingkungan sekitar, gempabumi tidak berbahaya asal tahu langkah mitigasi dan tanggap bencana khususnya gempabumi dan tsunami. Serta jangan mudah termakan berita hoax, segala informasi terkait gempabumi dan tsunami yang valid berasal dari BMKG.(IND)

  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00