• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

POLITIK

Verifikasi kelengkapan Adminstrasi,Bawaslu Kab.Nias Mulai Terima Berkas Pelamar Panwascam

28 November
12:06 2019
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli : Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Nias mulai menerima berkas para pelamar yang mendaftarkan dirinya pada perekrutan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam). Panitia pengawas pemilihan kecamatan ini direkrut dalam menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 di wilayah kabupaten Nias.

Nur Jaya Harefa Komisioner Bidang SDM di Bawaslu Kabupaten Nias kepada RRI mengatan, sejak diumumkan pendaftaran pada tanggal 13 November 2019 yang lalu, ada sekitar 100 orang lebih yang sudah mengambil formulir di kantor Bawaslu kabupaten Nias, untuk ikut serta dalam penerimaan calon panitia pengawas pemilihan kecamatan (Panwascam). Namun yang akan diterima nantinya hanya berjumlah 30 orang, dan akan di sebar 3 orang setiap kecamatan Se-Kabupaten Nias.

“ penerimaan berkas terhadap para calon Panwascam ini sudah mulai kita terima berkas mereka kemarin tanggal 27 November dan berkahir pada tanggal 3 Desember 2019 di kantor Bawaslu Kabupaten Nias “ Ujar Nur Jaya (kamis/28/11/2019).

Selanjutnya dijelaskan Nur Jaya, tahapan penelitian kelengkapan berkas persyaratan administrasi dilaksanakan pada tanggal 27-4 Desember. sedangkan untuk pengumuman hasil penelitian administrasi diumumkan pada tanggal 12 Desember 2019. tanggal 12-15 Desember 2019 Bawaslu menerima tanggapan dan masukan dari masyarakat terkait hasil penelitian administrasi para kandidat Panwascam. 

“ Sesuai tahapan, tes tulis dan tes wawancara akan kita laksanakan pada tanggal 13-17 Desember 2019. Dan pengumuman yang berhasil lulus akan di umumkan pada tanggal 18 Desember. Dan pelantikan Panwascam terpilih akan digelar pada tanggal 22-23 Desember 2019 “ Ungkapnya.

Nur Jaya Harefa memastikan bahwa, perekrutan terhadap calon Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) ini dilaksanakan secara terbuka, jujur dan tranparan, sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Ditambahkannya, Adapun tugas Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) diantaranya, mengawasi tahapan penyelenggaraan pemilihan diwilayah kecamatan, mengawasi penyerahan kotak suara tersegel dari PPK kepada KPU kabupaten, menerima laporan dugaan pelanggaran terhadap tahapan penyelenggaraan pemilihan yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu, menyampaikan temuan dan laporan kepada PPK untuk ditindak lanjuti, mengawasi pelaksanaan sosialisasi penyelenggaraan pemilihan, dan memberikan rekomendasi kepada yang berwenang atas temuan dan laporan mengenai tindakan yang mengandung unsur tindak pidana pemilihan. (Bobi R)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00