• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Pemkab Nias Gelar Upacara Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-74

25 November
22:05 2019
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli : Upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT PGRI ke-74 pemerintah kabupaten Nias berlangsung lancar dan Hikmat, yang digelar di halaman SMP Negeri 1 Gido, (Senin/25/11/2019).

Inspektur Upacara pada peringatn Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-74 tersebut yakni Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli,MM, dan turut dihadiri, Wakil Bupati Nias, Sekda Kabupetn Nias, para kepala OPD, Camat Gido, unsur Forkopimda serta guru, dan perwakilan siswa-siswi SD, SMP, dan SMA.

Dalam amanat Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nadiem Makarim yang dibacakan Bupati Nias menyampaikan bahwa, para guru harus memiliki upaya terobosan yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan, seperti membuat terobosan belajar dialam terbuka atau diluar ruangan kelas.

Selain itu dalam sambutan tertulisnya, Mediknas juga menyoroti kinerja Guru yang saat ini terikat dalam pemberian nilai kepada peserta didik tanpa melihat kualitas belajar dan mengajar.

Saya tahu betul bahwa potensi anak tidak dapat diukur dari nilai hasil ujian, tetapi terpaksa mengejar angka karena didesak kebijakan berbagai pemangku kepentinganUjarnya.

Dilanjutkannya, Tugas seorang guru yaitu membentuk masa depan bangsa. Saya tidak akan membuat janji-janji kosong. Perubahan adalah hal yang sulit dan penuh dengan ketidaknyamanan. Nadiem Makarim akan berjuang untuk kemerdekaan belajar di Indonesia. namun perubahan tidak dapat dimulai dari atas, semuanya berawal dan berakhir dari guru.

Pada kesempatan itu juga, Nadiem makarim mengajak seluruh Guru untuk melakukan perubahan kecil di dalam kelas seperti mengajak kelas berdiskusi bukan hanya mendengar, berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar dikelas, cetuskan proyek bhakti sosial yang melibatkan seluruh kelas, temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri, dan tawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitas. (Bobi R)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00