• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Sempat Mangkrak 7 Tahun, Dermaga Roro Diuji Coba

25 November
13:35 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Pelabuhan kapal penyeberangan Roro yang menelan uang negara hingga Rp. 82 miliar di Kota Gunungsitoli hingga kini belum difungsikan.

Sejak dibangun 7 tahun lalu, dermaga Roro milik kementrian perhubungan republik indonesia itu terlantar diatas lahan seluas 1 hektare di Desa Siwalubanua Kecamatan Gunungsitoli Idanoi Kota Gunungsitoli.

Akibatnya, sejumlah fasilitas gedung menjadi rusak dan kumuh karena tidak terurus bahkan beberapa tiang penyangga dermaga rusak dan goyang diterpa air laut.

Menurut Fitryana Hasugian Staf TSDP Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah II Provinsi Sumatera Utara, mengatakan pelabuhan Roro ini belum dapat di operasikan karena belum ada proses hibah dari kementrian pusat kepada pemerintah daerah.

"Sebenarnya ini hanya proses hibah yang lama dan nantinya dermaga roro ini pemerintah kota gunungsitoli yang menjadi pengelolannya secara full," ujarnya disela-sela kegiatan uji kelayakan operasional dermaga Roro, Senin (25/11/2019).

Sementara itu, General Manager ASDP Singkil, Rudi Mahmudi kepada RRI mengatakan kesiapan pihaknya melakukan pelayanan calon penumpang yang menuju aceh singkil dan siap apabila kapal milik ASDP bersandar ke dermaga penyeberangan Roro di Siwalubanua.

"Setelah kita uji coba dengan bersandarnya kapal KM Singkil maka dipastikan dermaga ini sudah layak dioperasionalkan," ucapnya.

  • Tentang Penulis

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

  • Tentang Editor

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00