• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

BPJS Kesehatan Bayarkan Klaim 1 Bulan, RSUD Gunungsitoli Tetap Layani Pasien BPJS

22 November
15:29 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli Harry Nurdiansah memastikan pelayanan BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gunungsitoli tetap berjalan seperti biasa. Hal itu ditegaskannya saat dikonfirmasi RRI di ruang kerjanya Jum’at (22/11/2019).

Disebutkannya per hari ini BPJS sudah membayarkan klaim ke RSUD Gunungsitoli bulan Juni sebesar Rp. 4,7 milyar dan  susulan di 2018 sebesar Rp. 600 juta, sehingga total sebesar Rp.5,3 milyar. Sedangkan untuk klaim bulan Juli dan Agustus diupayakan akan segera dibayarkan dalam waktu dekat dengan terus berkoordinasi dengan kantor pusat, sehingga tidak mengganggu operasional di RSUD.

Pada kesempatan itu Ia juga meluruskan bahwa jumlah tunggakan BPJS bukanlah Rp. 21,7 milyar, karena tanggal 13 November pihaknya sudah membayarkan klaim untuk bulan Mei sebesar Rp. 5, 3 milyar, sehingga kewajiban BPJS bersisa Rp. 16 milyar lagi.

Ia mengakui bahwa tunggakan kepada RSUD Gunungsitoli disebabkan karena BPJS kesehatan mengalami defisit keuangan akibat penghitungan iuran yang belum sesuai dengan aktuaria, padahal seharusnya setiap 2 tahun sekali harus dihitung ulang sesuai dengan angka pemanfaatannya.

“Kita memang defisit keuangan, iuran yang dibayarkan peserta saat ini sudah tidak sesuai dengan aktuaria, semakin diperparah lagi dengan tunggakan peserta, di kepulauan Nias saja tunggakan setiap bulannya mencapai Rp.10 milyar”,ungkap Harry.

Harapannya hal-hal demikian tidak akan terulang lagi, bagaimana pun pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang mestinya diutamakan, pihaknya juga berjanji untuk selalu menepati kewajibannya sesuai waktu jatuh tempo.

“Kita membayarkan klaim ini bukan karena RSUD sudah mengeluarkan pernyataan demikian, tapi memang sudah waktunya kami membayar setelah adanya droping dana dari pusat”, pungkas Harry.

  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00