• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Wabub Nias Lantik 242 Anggota BPD Masa Jabatan 2019-2025 di Kabupaten Nias

16 November
10:00 2019
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli : Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu,SH,MH melantik dan mengambilan sumpah janji terhadap 242 orang BPD masa jabatan 2019-2025, yang digelar di aula serbaguna gedung Salak. Pelantikan anggota BPD itu, turut disaksikan mewakil Forkopimda, para Eselon II dilingkup pemkab Nias, Para Camat dan para kepala Desa dikabupaten Nias.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Nias Yulianus Zai,S.Sos,M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa,  dasar pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah janji terhadap 242 orang BPD masa jabatan 2019-2025 ini sesuai dengan Perda Kabupaten Nias Nomor 4 Tahun 2018 tentang mekanisme dan tata cara pengisian keanggotaan dan pemilihan pimpinan badan permusyawaratan desa.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Nias menjelaskan, 242 orang angota BPD masa jabatan 2019-2025 yang dilantik ini, berasal dari 42 desa lokasi pelaksanaan pemilihan dikabupaten Nias.

Pelantikan dan Pengambilan sumpah janji terhadap 242 orang BPD masa jabatan 2019-2025 tersebut, ditandai dengan penandatanganan berita acara, dan dilanjutkan penyerahan SK terhadap anggota BPD yang dilantik.

Sementara itu, Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu,SH,MH dalam arahannya saat melantik dan mengambilan sumpah janji terhadap 242 orang BPD masa jabatan 2019-2025 menyampaikan bahwa, pengambilan sumapah /janji anggota BPD ini merupakan kesuksesan dari wujud demokrasi didalam penyelenggaraan pemerintah desa, dimana proses penjaringan, pemilihan, hingga pengambulan sumpah janji dapat berjalan dengan baik.

“ peraturan daerah Nomor 4 tahun 2018 tentang badan permusyawaratan Desa menyebutkan bahwa, anggota BPD adalah lembaga yang melaksanakan Fugngsi pemerintahan desa yang anggota merupakan wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah, melaui proses pemiluhan secara demokratis “ Ujar Wabub Nias (Sabtu/16/11/2019).

Untuk itu, Wakil Bupati Nias meminta kepada seluruh anggota BPD yang sudah dilantik agar segera menyesuaikan diri, memahami situasi, kondisi dan potensi, serta mendengarkan aspirasi dari masyarakat, dan selalu mengedepankan budaya jujur, Gotong Royong, kebersamaan, dan tranparansi dalam bekerja melayani rakyat.

“ BPD sebagai lembaga yang memiliki peran strategis dalam mendorong transparasnsi, akuntabilitas, demokratisasi dan kesejahteraan warga desa, harus mampu menjadi banteng untuk mewujudkan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintah desa “ Tegasnya.

Oleh karena itu, Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu meminta kepada setiap anggoat BPD agar senantiasa dapat meningkatkan kapasitas SDM dan Inovasinya untuk menghindari persoalan hunungan disharmonis antar BPD dan pemerintah desa yang sering terjadi akibat kesenjangan pemahaman atas pengetahuan regulasi yang ada// (Bobi R)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00