• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

POLITIK

Hadapi Pilkada 2020, Bawaslu Kabupaten Nias Membuka Pendaftaran Rekrutmen Panwas Kecamatan

16 November
09:07 2019
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli : Dalam rangka mengawasi tahapan penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nias Tahun 2020, Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Nias mulai membuka pendaftaran penerimaan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam). 

Ketua Bawaslu Kabupaten Nias Novan Hura kepada RRI mengatan, sebelum pendaftaran Panwascam ini dibuka, pihaknya terlebih dahulu telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Dimana dalam proses rekrutmen Panwascam ini akan melalui berbagai tahapan.

Novan Hura Menjelaskan, Pengumuman pendaftaran secara resmi telah diumumkan sejak tanggal 13 November 2019. untuk penerimaan berkas mulai dilakukan pada tanggal 27 November sampai 3 Desember 2019. tahapan penelitian kelengkapan berkas persyaratan administrasi tanggal 27-4 Desember 2019. Kemudian pengumuman hasil penelitian administrasi 12 Desember 2019. Pada 12-15 Desember 2019, Bawaslu menerima tanggapan dan masukan dari masyarakat terkait hasil penelitian administrasi para kandidat Panwascam.  Tanggal 13-17 Desember 2019 pihak Bawaslu akan melakukan tes tulis dan tes wawancara. Dan pengumuman hasil tes akan diumumkan pada tanggal 18 Desember. Sementara Proses terakhir pelantikan Panwascam terpilih akan digelar pada tanggal 22-23 Desember 2019.

Ketua Bawaslu Kabupaten Nias menegaskan, Dalam rekrutmen Panwascam ini, akan dilakukan dengan sistem seleksi terbuka. Persyaratanya Diantaranya tidak pernah menjadi anggota partai politik, berusia minimal 25 tahun, berpendidikan terkahir tingkat SMA sederajad, dan berdomisili di kabupaten Nias yang dibuktikan dengan KTP Elektronik.

“ secara resmi kita telah membuka pendaftaran penerimaan Panwascam pada tanggal 13 November 2019. pada penerimaan calon panitia pengawas kecamatan ini, akan kita dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku, tranparan dan tidak memungut biaya ‘’ Ujar Novan Hura (Jum’at/15/11/2019).

Ia menambahkan, ke 30 orang Panitia Pengawas Lapangan yang akan direkrut ini natinya, ditempatkan 3 orang setiap kecamatan Se-Kabupaten Nias, dan akan bertugas dalam mengawasi tahapan penyelenggaraan pemilihan diwilayah kecamatan, salah satunya mengawasi pemutakhiran data pemilih sementara dandaftar pemilih tetap di tiap kecamatan.

“ dan untuk mengetahui secara jelas terkait pendafataran ini, bisa melihat secara langsung pengumuman penerimaan Panwascam  di kantor secretariat Bawaslu Kabupaten Nias, dan juga bisa melihat dipapan pengumuman disetiap kantor Camat, atau bisa mengakses melalui email Bawaslu Nias Kabupaten Nias www.bawaslu.nias.gmail.com " Kata Novan. (Bobi R).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00