• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Minggu Pertama November, 9 Kejadian Gempabumi Terjadi di Kepulauan Nias

8 November
13:10 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Berdasarkan pengamatan Stasiun Geofisika BMKG Gunungsitoli, pada periode 01 November 2019 hingga 07 November 2019 telah terjadi 9 kejadian gempabumi di wilayah kepulauan Nias dan sekitarnya. Kesembilan gempabumi yang tercatat diantaranya 3 kejadian gempabumi di kepulauan Nias, 1 kejadian gempabumi di Pulau Simeulue dan 5 kejadian gempabumi di pulau Sumatera. Kesembilan gempabumi diatas tidak dirasakan oleh masyarakat dan tidak mengakibatkan kerusakan.

Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) Pertama Randy Sitorus Pane kepada RRI mengatakan kejadian gempabumi di kepulauan Nias diakibatkan oleh aktifitas zona subduksi pada kedalaman dangkal dibawah 60 Km dengan magnitudo 3.7, 4.2 dan 3.6. Satu kejadian gempabumi di pulau Simeulue juga diakibatkan oleh aktifitas zona subduksi pada kedalaman 44 Km dengan magnitudo 4.2 .

Sedangkan 5 kejadian gempabumi di pulau Sumatera, 2 diantaranya diduga diakibatkan oleh aktifitas sesar di pulau Sumatera pada kedalaman 10 Km dan 4 Km dengan magnitude 3.2 dan 3.1.

"Tiga kejadian gempabumi lainnya di pulau Sumatera diduga diakibatkan oleh aktifitas zona subduksi pada kedalaman diatas 50 Km dengan magnitudo 3.3, 3.5 dan 3.4", jelas Randy, Jumat (8/11/2019).

“Kami tetap berharap masyarakat terutama di wilayah kepulauan Nias dan sekitarnya tetap peduli dengan keselamatan diri sendiri dan lingkungannya dengan belajar bagaimana cara menyelamatkan diri saat terjadi gempabumi terjadi sehingga masyarakat tetap selamat”, pungkas Randy.

  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00