• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

POLITIK

Maju Melalui Jalur Independen, Cakada Wajib Kumpulkan KTP Sebanyak 10% dari DPT Pemilu Terakhir

4 November
22:40 2019
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli : Sejumlah partai politik dan juga para calon perseorangan yang akan maju pada Pemilu kepala daerah tahun 2020 mengikuti Sosialisasi tahapan Pilkada 2020 serta Jumlah dukungan syarat calon perseorangan (independent) di aula serbaguna, Jalan Pancasila - Hiliweto Kecamatan Gido kabupaten Nias.

Selain dari partai politik dan para calon yang maju pada jalur perseorangan, sosialsiasi itu turut dihadiri dari unsur pemerintah, Forkopimda, dari organisasi keagamaan, OKP, dan juga LSM serta media masa.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias Firman Mendrofa,SE mengatkan kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian tahapan Pilkada 2020. Sehingga diharapkan melalui kegiatan ini dapat menjadi informasi bagi seluruh masyarakat di kabupaten Nias.

“kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian tahapan Pilkada 2020. Sehingga diharapkan dapat menjadi informasi bagi seluruh masyarakat di kabupaten Nias, khusunya bagi para Cakada yang maju melalui jalur perseorangan (Independen)” Ujar ketua KPU Kab.Nias, (Senin/4/11/2019).

Firman menjelaskan, persyaratan bagi calon perseorangan yang maju pada pilkada 2020 memang semakin ketat, dimana setiap calon harus mengumpulkan dukungan fotokopi KTP Elektronik sebanyak 10 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pada pemilu terakhir, dan akan dilengkapi dengan formulir surat pernyataan dukungan dari setiap masyarakat di wilayah kabupaten Nias.

“ Selain jumlah KTP-Elektornik, syarat dukungan lainnya yang akan maju pada jalur perseorangan atau independen ini, jumlah dukungan harus tersebar diatas 50 persen wilayah, atau minimal 6 kecamatan dari 10 kecamatan sekabupaten Nias “ Kata Firman.

Ketua KPU Kabupaten Nias menambahkan, setalah dilakukan sosialisasi penyampaian  syarat pencalonan, selanjutnya pengumpulan syarat dukungan bagi calon perseorangan akan dimulai dilakukan  pada bulan desember 2019. Selanjutnya pihak KPU akan melakukan verifikasi berkas hingga pada bulan maret 2020. (Bobi R)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00