• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Ruas Jalan di Desa Banua Sibohou Silima Ewali Kecamatan Bawolato Kabupaten Nias Tertimbun Longsor

1 November
15:55 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Warga desa Banua Sibohou Silima Ewali Kecamatan Bawolato Kabupaten Nias memohon pemerintah daerah segera menurunkan alat berat untuk membersihkan ruas jalan sepanjang  100 meter yang kini tertimbun tanah akibat longsor yang terjadi pada tanggal 24 Oktober 2019 lalu.

Longsor yang diakibatkan oleh hujan yang mengguyur sejak sebulan terakhir ini membuat warga kesulitan mengangkut hasil taninya ke ibukota kecamatan yang berjarak 7 kilometer. Tidak hanya itu para gurudi desa itu juga terkendala untuk mencapai sekolah.

Kepada RRI Fajarman Duha warga setempat yang ditemui di lokasi longsor menuturkan akibat longsor mereka juga terkendala untuk membeli barang kebutuhan pokok mereka karena kendaraan roda dua maupun roda 4 tidak bisa melintasi ruas jalan tersebut.

“Kami terkendala untuk membeli kebutuhan sehari-hari, hasil pertanian juga sulit untuk kami bawa ke pusat kecamatan, apalagi hingga saat ini hujan masih turun”, keluhnya, Jum’at (1/11/2019).

Sementara itu kepala desa Banua Sibohou Silima Ewali Kecamatan Bawolato Kabupaten Nias Torozidihu Hulu mengungkapkan pihaknya baru bisa melaporkan longsor ini kepada pihak terkait seminggu sesudah kejadian akibatnya sulitnya akses menuju pusat kecamatan.

Upaya sementara yang sudah dilakukannya yakni menggalang warga desa untuk melakukan gotong royong membersihkan jalan dari timbunan tanah agar cukup aman untuk warga yang melintas, meski demikian dengan ketebalan 3 meter, sangat sulit membersihkan ruas jalan dari reruntuhan longsoran.

“Kami sudah gotong royong membersihkan, tetapi butuh alat berat untuk membersihkan jalan dari tanah dan lumpur ini, semoga pemerintah daerah segera membantu kami disini”, pinta Toroziduhu.

Sementara itu Kasi PMD Kecamatan Bawolato Folalambowo Laia, S.E setelah mendengar laporan tersebut langsung turun ke lapangan mengecek dan segera mengkoordinasikan ke pimpinan agar mendapat perhatian serius. (IND)

 

  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00