• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Penderita Mata Katarak di Kepulauan Nias Setiap Tahun Terus Meningkat

25 October
12:16 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Pemeriksaan Mata Katarak oleh Body and Soul Ministries (Bands Ministries) hari ini masih berlanjut di Puskesmas Lotu kabupaten Nias Utara, kegiatan yang sama kemarin dilaksanakan di RSUD Gunungsitoli.

Country Manager Body And Soul Ministries Marganda Marbun, SH yang ditemui RRI di lokasi pemeriksaan mengatakan dari hasil Pemeriksaan Mata Katarak gratis oleh Body and Soul Ministries di RSUD Gunungsitoli kemarin didapati 119 orang atau 186 mata positif katarak dari 247 orang yang diperiksa. Untuk pemeriksaan di RSUD Gunungsitoli akan kembali dilaksanakan tanggal 2 November mendatang.

Dikatakannya lagi dari tahun ke tahun jumlah warga yang melakukan pemeriksaan mata di kepulauan Nias terus bertambah. Untuk itu Band Ministries juga menargetkan akan mengoperasi 500 mata pada tahun ini.

“Tahun lalu kita mengoperasi sekitar 250 mata, namun untuk tahun ini kita targetkan 500 mata, kita memperhatikan setiap tahunnya jumlah penderita katarak di kepulauan Nias terus bertambah”, jelas Marbun, Jum’at (25/10/2019).

Adapun pemeriksaan mata katarak ini sudah dimulai sejak tanggal 21 oktober di Puskesmasi Lolofitumoi kabupaten Nias Barat, tanggal 22 di Puskesmas Sirombu Nias Barat, tanggal 23 di Puskesmas Tuhemberua Nias Utara, tanggal 24 di RSUD Gunungsitoli, tanggal 25 di Puskesmas Lotu Nias Utara, tanggal 26 Oktober di Puskesmas Lahewa Nias Utara, tanggal 28 di Puskesmas Idangawo, kabupaten Nias, tanggal 29 di Puskesmas Gomo Nias Selatan, tanggal 30 di puskesmas Telukdalam Nias Selatan, tanggal 31 di pukesmas  Amandraya Nias Selatan, tanggal 1 November di Puskesmas Lahusa Nias Selatan dan tanggal 2 November kembali dilaksanakan di RSUD Gunungsitoli. Jadwal Operasi akan dilaksanakan tanggal 7, 8 dan 9 November 2019 di RSUD Gunungsitoli. (IND)

  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00