• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

6 Puskesmas di Kabupaten Nias Terima Sertifikat Agreditas Dari Kemenkes RI

24 October
09:12 2019
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli : Pemerintah kabupaten Nias menyerahkan sertifikat akreditasi terhadap 6 Puskesmas di wilayah kerja kabupaten Nias. penyerahan sertifikat agreditas puskesmas tersebut di serahkan langsung oleh Bupati Nias dan diterima masing masing kepala Puskesmas yang teragreditas.

Kepala Dinas kesehatan kabupaten Nias Martin Luther Harefa,M.Kes kepada RRI mengatakan, Sertifikat Akreditasi Puskesmas itu merupakan Sertifikat Madya dan juga sertifikat agreditas dasar yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. dimana, sejak dari tahun 2018 yang lalu, tim dari kementerian kesehatan RI telah melakukan survey di 6 puskesmas tersebut, dengan memperhatikan upaya kesehatan perorangan, upaya kesehatan masyarakat dan juga dari segi administrasi.

“ ada 6 puskesmas yang yang menerima sertifikat agreditas dari kementerian kesehatan RI, 2 puskesmas yang mendapat agreditas Madya dan 4 puskesmas penerima sertifikat agreditas dasar “ Ujar kadis kesehatan Kab.Nias (Kamis/24/10/2019).

Dijelaskan Martin, ke-6 puskesmas yang menerima sertifikat agreditas tersebut yakni Puskesmas Gido dan Puskesmas Bawolato masing masing menerima Sertifikat Agreditas madya, sementara Puskesmas Botombawo, puskesmas Botomuzoi, puskesmas Idanogawo, dan puskesmas Somolo molo, masing masing menerima sertifikat agreditas dasar.

Lebih lanjut dijelaskan Martin Luter Harefa, sertifikat akreditasi yang diberikan pihak Komisi akreditas kementerian kesehatan RI terhadap 6 puskesmas bukan hanya turun begitu saja. Namun karena pelayanan yang ditunjukkan terhadap Puskesmas mengenai sistem penyelenggaraan pelayanan dan serta sistem manajemen mutu Puskesmas sesuai dengan standar yang ditetapkan sudah berjalan selama ini.

Hal itu juga sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI nomor 75 tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat dan Peraturan Menteri Kesehatan nomor 46 tahun 2015 tentang Akreditasi Puskesmas. (Bobi R)

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00