• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Tingkatkan Apresiasi Terhadap Sastra, Kegiatan Sastrawan Masuk Sekolah di Gelar di Kota Gunungsitoli

23 October
12:51 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI selama 2 hari hingga besok menggelar Kegiatan Sastrawan Masuk Sekolah di Kota Gunungsitoli, bertempat di Grand Kartika Restaurant.

Retno Utami Kepala Sub Bidang Pembelajaran Sastra Badan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang diwawancara RRI di lokasi kegiatan menjelaskan kegiatan Sastrawan Masuk Sekolah merupakan kegiatan rutin yang sudah dimulai sejak tahun 2016 yang lalu.

Kegiatan ini sebut Retno, sasarannya guru dan siswa, hari pertama peserta merupakan para guru dan hari kedua merupakan para siswa dari tingkat SD, SMP, SMA dan SMK. Tujuannya, untuk meningkatkan apresiasi dan kecintaan para guru dan siswa kepada sastra termasuk sastra Indonesia. Tidak tanggung-tanggung pihaknya menghadirkan sastrawan Indonesia Herry Hendrayana Haris yang terkenal dengan nama Gola Gong.

“Sangat penting bagi kita semua untuk meningkatkan pemahaman dan juga apresiasi sastra para guru dan siswa, jadi mereka tidak lupa pada kebudayaannya”, harap Retno Rabu (23/10/2019)

Bagi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menurut Retno, Kepulauan Nias salah satu sasaran yang strategis untuk melaksanakan kegiatan tersebut, apalagi secara geografis Kepulauan Nias merupakan pulau terluar dari wilayah NKRI sehingga sangat penting untuk meningkatkan pemahaman dan apresiasi sastra. Meski di kurikulum baru sudah ada muatan sastra, namun jika dibanding muatan Bahasa tidak sama sehingga perlu treatment-treatment khusus yang berkaitan dengan sastra.

Ditempat yang sama Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Gatimbowo Lase menyambut baik kegiatan Sastrawan Masuk Sekolah. Menurutnya daya literasi di kepulauan Nias masih rendah meski sumber-sumber tersedia banyak.

“Minat baca kita di kepulauan Nias masih sangat rendah, makanya saya berharap dengan keikutsertaan 100 orang guru dan 100 orang siswa akan menyebarkan semangat literasi pada rekan-rekannya”, ungkap Gatimbowo.

  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00