• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Pemkab Nias Terus Berikan Perhatian Serius Dalam Peningkatan Pelayan Kesehatan di Kabupaten Nias

17 October
21:57 2019
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli : Pemerintah kabupaten Nias terus memberikan perhatian serius dalam peningkatan pelayan kesehatan di kabupaten Nias, termasuk tetap berusaha meningkatkan akses masyarakat pada pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu di semua wilayah. Hal itu ditegaskan Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli,MM kepada RRI, (Kamis/17/10/2019).

Dikatakan Bupati Nias, dalam mendukung pelayan kesehatan, hingga saat ini pemerintah kabuapeten Nias telah memiliki 1 RSUD yang merupakan rumah sakit rujukan regional Kepulaua Nias, 12 Puskesmas, 28 puseksmas pembantu dan 54 poskesdes, dan 184 Posyandu serta  10 unit balai penyuluhan KB kecamatan yang tersebar di 10 kecamatan dan 170 desa Se-Kabupaten Nias.

“ Pelayanan dibidang kesehatan ini akan terus kita tingkatkan, termasuk dalam peningkatan kelengkapan fasilitas, baik di RSUD maupun di setiap Puskesmas hingga di puskesmas pembantu yang ada dikabupaten Nias “ Kata Bupati Nias (Kamis/17/10/2019).

Dijelaskan Bupati Nias, tenaga pelayan kesehatan di kabupaten Nias hingga saat ini berjumlah 1.060 orang tenaga, yang disebar di Rumah sakit, puskesmas disetiap posyandu, baik tenaga PNS/CPNS, tenaga Bidan PTT, Tenaga dokter Nusantara sehat, dan juga tenaga kesehatan sukarela.

Sementara itu, saat ini kurang lebih 133.689 penduduk kabupaten Nias atau 87,71% telah menjadi peserta program jaminan kesehatan nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS kesehatan, dan diantaranya sekitar 22.343 jiwa (16,71%) dibiayai oleh pemerintah kabupaten Nias melalui program jaminan kesehatan masyarakat dengan anggaran sebesar Rp 5 Miliar rupiah lebih dari APBD Kabupaten Nias.

Ditambahkan Bupati Nias, pelayanan kesehatan dikabupaten Nias masih dihadapkan pada permasalahan belum optimalnya pemerataaan pelayanan dan mutu pelayan kesehatan. Kondissi demikian diakibatkan karena kabupaten Nias berada diwilayah perbatansan, terpencil, rawan bencan alam, serat masih rendahnya kemampuan ekonomi masyarakat. (Bobi R)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00