• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Pemkab Nias Gelar Rapat Kerja Kesehatan Tahun 2019

15 October
16:16 2019
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli : Pemerintah kabupaten Nias melaksanakan Rapat kerja kesehatan kabupaten  Nias tahun 2019 yang digelar di aula salak madu, (kamis/10/10/2019). Rapat kerja kesehatan daerah 2019 tersebut di buka Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli,MM dan turut dihadiri kepala BBN Provinsi Sumatera Utara, Wakil Bupati Nias, Forkopimda, Kepala OPD, para Camat, kepala Puskesmas Se-Kabupaten Nias, dan undangan lainnya.

Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Nias Martin Luter Harefa,M.Kes upaya yang diharpakan dalam rapat kerja kesehatan kabupaten  Nias tahun 2019 ini yakni adanya evaluasi dan tindak lanjut setiap program kegiatan dibidang kesehatan, informasi program baru dibidang kesehatan dapat terealisasi dengan baik dan terciptanya sinkronisasi dilintas sektoral bidang kesehatan, serta adanya kesepakatan dan upaya tindak lanjut kegiatan dimasa akan datang.

Kepala Dinas kesehatan menjelaskan, adapun materi yang dipaparkan pada rapat kesehatan tersebut adalah, kepala BNN Provinsi sumatera utara terkait Peraturan Pemerintah dalam memberantas Narkoba, kepala Bappeda kabupaten Nias tentang isu strategis dan arah kebijakan pembangunan bidang kesehatan dikabupaten Nias yahun 2020, kepala Dinas sosial kabupaten Nias, terkait penanganan orang berkebutuhan khusus dan penderita gangguan jiwa, kepala Dinas B2KB2A Kabupaten Nias terkait perlindungan anak menuju kabupaten Nias layak anak, dan direktur RSUD Gunungsitoli kabupaten Nias terkait persiapan RSUD Gunungsitoli sebagai rumah sakit rujukan regional kepulauan Nias menuju rumah sakit kelas B.

Sementara itu, Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli,MM dalam arahannya menyampaikan bahwa, dari waktu kewaktu pemerintah kabupaten Nias terus berusaha meningkatkan akses masyarakat pada pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu di semua wilayah.

“ saat ini kurang lebih 133.689 penduduk kabupaten Nias atau 87,71% telah menjadi peserta program jaminan kesehatan nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS kesehatan, dan diantaranya sekitar 22.343 jiwa (16,71%) dibiayai oleh pemerintah kabupaten Nias melalui program jaminan kesehatan masyarakat dengan anggaran sebesar Rp 5 Miliar rupiah lebih dari APBD Kabupaten Nias “ Ujarnya.

Dilanjutkannnya, pemerintah kabupaten Nias juga terus menaruh perhatian yang cukup tinggi terhadap masalah kesehatan saat ini, diantaranya masih tingginya angka kematian ibu, status gizi pada balita serta penyakit menular seperti Rabies, demam berdarah, dan beberapa penyakit lainya.

Untuk itu ditambahkan Bupati Nias, dalam peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat di wilayah kabupaten Nias, pemerintah daerah telah memasukkan dalam program isu strategis dan arah kebijakan pembangunan bidang kesehatan dalam RPJMD 2016-2021. (Bobi R)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00