• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Lomba Inovasi Perangkat Daerah Kab.Nias di Apresiasi Kementerian PAN dan RB

26 September
21:06 2019
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli : Deputi Pelayanan Publik Kementerian PAN dan RB yang disampaikan oleh Ir. Sri Hartini, MM memberikan apresiasi sebesar-sebesarnya kepada Pemerintah Kabupaten Nias yang melaksanakan kegiatan Lomba Inovasi Daerah (LIPD) kabupaten Nias tahun 2019. Hal itu disampaikan Ir.Sri hartini pada saat menyampaikan sambutannya pada saat pembukaan lomba presentasi Proposal Rancangan Inovasi Perangkat Daerah (LIPD) Pemerintah kabupaten Nias tahun 2019 yang dilaksanakan ruang rapat lantai I kantor Bupati Nias, (Rabu/25/9/2019).

Ir.Sri Hartini menyampaikan bahwa, Lomba Inovasi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Nias merupakan bentuk komitmen implementasi gerakan ‘ One Agency One Innovation” yang merupakan bentuk dukungan dan dorongan dalam percepatan birokrasi, sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 30 Tahun 2014 tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik.

“ sangat jelas sekali bahwa kegiatan ini komitmen implementasi gerakan ‘ One Agency One Innovation” yang merupakan bentuk dukungan dan dorongan dalam percepatan birokrasi. Dan pastinya kita sangat mengapresiasi “ Ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan Sri Hartini yang juga bertindak sebagai Narasumber dan dewan juri pada Lomba Inovasi perangkat daerah ini mengatakan bahwa, Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Nasional merupakan strategi untuk memunculkan Inovasi sebagai upaya pengembangan best practices bagi kementerian/Lembaga dan Pemerintah Dearah dalam melakukan percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Pada dasarnya Pelayanan Publik memiliki 5 (lima) kriteria yaitu unsur Kabauran/Novelty, unsur efektif, unsur bermanfaat, dan unsur transferability serta unsur berkelanjutan “ Kata Hartini.

Untuk itu, dirinya berharap hasil Lomba Inovasi Perangkat Daerah ini agar diajukan pada kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Nasional Tahun 2020 dan kompetesi pada tahun-tahun berikutnya.

“ Dan Sebagai apresiasi bagi Pemerintah Daerah yang terbukti berprestasi dalam peningkatan kualitas pelayanan publiknya, kami telah bekerjasama dan sepakat untuk memberikan alokasi Dana Insentif Daerah (DID) dengan Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Perimbangan Keuanagan “ Tegasnya.

Presentasi Proposal Rancangan Inovasi Perangkat Daerah digelar selama 3 hari, mulai pada tanggal 25 september dan berakhir tanggal 27 september 2019. dimana tim pelaksana akan menggelar tahapan persentasi provosal inovasi dari masing masing Organisasi Perangkat Daerah maupun dari pihak kecamatan Se-Kabupaten Nias.

Sementara dewan juri pada lomba inovasi tersebut yakni Deputi Pelayanan Publik Kementerian PAN dan RB yang diwakili oleh SRI HARTINI, MM selaku Kepala Bidang Penyiapan Perumusan Kebijakan Pelayanan Publik Kementerian PAN Dan RB, juri kedua Drs. Desman Telaumbanua, M.Pd (Rektor IKIP Gunungsitoli ) dan juri ke 3 Ketua STIE Pembnas Nias Fatolosa Hulu, MM. (Bobi R)

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00