• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Pemkab Nias Gelar Perayaan ke 72 Hari Koperasi Tahun 2019

26 September
18:11 2019
0 Votes (0)

KBRN,Gunungsitoli : Pemerintah kabupaten Nias menggelar perayaan ke 72 Hari Koperasi Kabupaten Nias tahun 2019 yang dipusatkan di kompleks perkantoran pemerintah kabupaten Nias di desa Wiliweto kecamatan Gido, (Kamis,26/9/2019).

Perayaan ke 72 Hari Koperasi Kabupaten Nias tahun 2019 dihadiri Bupati Nias, Forkopimda kabupaten Nias, Pimpinan DPRD kabupaten Nias, para Eselon II dilingkup pemkab Nias, dan undangan lainnya. Tema Hari kopersi Nasional ke 72 tahun 2019 yakni “ Reformasi Total Koperasi di era Refolusi Industri 4.0 “

Sozanolo Laoli ketua panitia pelaksana kegiatan mengatakan, tujuan dari pelaksanaan perayaan ke 72 Hari Koperasi Kabupaten Nias tahun 2019 ini untuk membangkitkan semangat berkoperasi kepada segenap lapisan masyarakat, sehingga koperasi benar benar menjadi wadah ekonomi rakyat.

“ pada kegiatan perayaan ke 72 Hari Koperasi Kabupaten Nias tahun 2019 ini, juga dilaksanakan lomba mars Koperasi dan juga pameran hasil produksi makan dan kerajinan dari pengurus koperasi “ Ujar Sozanolo.

Sementara itu, Bupati Nias dalam arahanya menyampaikan bahwa, kopersi merupakan salah satu wadah untuk meningkatkan kesejahteraan anggota berdasarkan atas azaz kekeluargaan, sehingga harus tetap bersama sama dalam mengejar dan melaksanakan dan mencapi tujuan, yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan melalui peningkatan ekonomi masyarakat.

Dituturkan Bupati Nias, bila diperhatiakan masih terdapat koperasi yang belum berhasil hingga sampai saat sekarang ini. bahkan masih banyak permasalahan permasalahan internal, baik dari sisi tata kelola administrasi maupun dari sisi pengelolaan keuangan, dan juga dari sisi pengelolaan tujuan dan kegunaan. Menurut Bupati Nias, yang menjadi kendala kurang berkembangnya perkoperasian di kabupaten Nias selama ini, bukan serta merta kurangnya modal, namun keberadaan koperasi bukan dijadikan sebagai wadah untuk meningkatkan kesejahteraan anggota berdasarkan atas azaz kekeluargaan, akan tetapi sebagai kepentingan pribadi.

“ banyak koperasi yang masih berjalan di tempat. ini disebabkan para pengrusnya lebih mengutamakan kepnetingan pribadi dari pada kepentingan kelompok. Belum lagi permasalahan keterbatasan, baik dari sisi tata kelola administrasi maupun dari sisi pengelolaan keuangan, dan juga dari sisi pengelolaan tujuan dan kegunaan “ kata Bupati Nias.

Untuk itu Bupati Nias meminta kepada Dinas terkait agar terus memberikan pendampingan dan pelatihan kepada seluruh pengurus koperasi di kabupaten Nias yang sudah terdaftar, sehingga diharapkan kopersi salah satu wadah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat/

Pada kesempatan itu juga Bupati Nias meminta agar setiap Desa di kabupaten Nias harus mendirikan koperasi. sehingga kesejahteraan melalui kegiatan kekoperasian dapat dirasakan serta mensejahterakan ekonomi masyarakat. (Bobi R)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00