• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Jarak Pandang Rendah, Penerbangan di Gunungsitoli Terganggu

24 September
14:53 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sejumlah daerah pulau sumatera membuat jadwal penerbangan di bandar udara binaka Gunungsitoli terganggu hingga batal, Selasa (24/09/2019).

Manager maskapai Wings Air Gunungsitoli, Roy Santoso Hutapea kepada Radio Republik Indonesia mengatakan, pembatalan sejumlah penerbangan dikarenakan jarak pandang di bandara sangat rendah dan bila dipaksakan dikwatirkan akan terjadi bencana.

"Jarak pandang makin pendek sehingga pembatalan penerbangan terpaksa dilakukan karena asap menghalangi jarak pandang di bandara tujuan," ujarnya.

Penerbangan di Bandara Binaka Gunungsitoli, lanjut Roy, terganggu akibat asap karhutla sejak kemarin. Khusus di Bandara Binaka Gunungsitoli jarak pandang berdasarkan laporan BMKG, masih berkisar antara 1000 hingga 1.500 meter.

"Sampai saat ini kami belum dapat memastikan kapan penerbangan bisa normal kembali. Kami mohon para calon penumpang dapat menerima kondisi ini," ucapnya.

Sementara itu, Robby selaku prakirawan BMKG Binaka Gunungsitoli menyatakan bahwa hingga saat ini kemungkinan kelayakan untuk penerbangan pada hari ini di bandara binaka jarak pandang terkontrol 1000 meter.

"Pergerakan angin yang bergerak dari Tenggara hingga ke pulau Nias. Jadi kita tidak punya kewenangan menyatakan apakah pesawat bisa landing atau tidak karena itu kewenangan dari Airnav," tuturnya.

  • Tentang Penulis

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

  • Tentang Editor

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00