• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Guna Mengantisipasi ISPA, Dinkes Kota Gunungsitoli Bagikan Ribuan Masker

24 September
12:00 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli membagikan masker gratis kepada masyarakat untuk mengurangi resikos kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi akhir-akhir ini di wilayah Riau dan sekitarnya.

“Dalam kondisi udara diselimuti kabut asap sekarang ini, ribuan masker dibagikan kepada masyarakat terutama yang sering beraktifitas di jalan raya untuk mencegah terkena penyakit Infeksi saluran Pernafasan Akut (ISPA),” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli, Wilser J. Napitupulu S.Si, Apt, MPH, Selasa (24/09/2019).

Dalam kegiatan pembagian masker yang berlangsung hari ini, pihaknya menurunkan puluhan petugas kesehatan bekerjasama dengan PMI, Tim Reaksi Cepat Kota Gunungsitoli dan Dinas Perhubungan Kota Gunungsitoli.

Beberapa lokasi yang menjadi sasaran pembagian masker tersebut yakni Simpang Pohon Natal Gunungsitoli dan kawasan Tugu Peringatan Gempa.

Wilser J. Napitupulu S.Si, Apt, MPH juga menghimbau seluruh masyarakat agar mengurangi aktifitas yang tidak terlalu penting diluar rumah, menutup sumber-sumber air bersih agar partikel debu tidak terkontaminasi terhadap air bersih tersebut, memperbanyak konsumsi air putih, buah-buahan serta sayur-sayuran untuk meningkatkan daya tahan tubuh,

”Kami menghimbau seluruh masyarakat agar mengurangi aktifitas yang tidak terlalu penting diluar rumah, jika itu tidak bisa dihindari maka selalu gunakan masker jika keluar rumah, menutup sumber-sumber dan penampungan air bersih agar partikel debu tidak terkontaminasi terhadap air bersih tersebut, memperbanyak konsumsi air putih, buah-buahan serta sayur-sayuran untuk meningkatkan daya tahan tubuh” ujar Wilser.

Ia juga menghimbau masyarakat untuk selalu berkonsultasi dengan petugas kesehatan jika ditemukannya gejala penyakit yang disebabkan oleh kabut asap.

”Saya juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu berkonsultasi kepada petugas kesehatan jika ditemukannya gejala penyakit yang disebabkan oleh kabut asap ini” tutup Wilser.

  • Tentang Penulis

    Ida Rahmi Telaumbanua

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Ida Rahmi Telaumbanua

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00