• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Gunungsitoli Ikuti Kemah Budaya Nasional 2019

27 August
14:42 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Gunungsitoli mulai hari ini hingga tanggal 30 Agustus 2019 mengikuti Kemah Budaya Nasional 2019 yang digelar di di Bumi Perkemahan Minang Fantasi, Kota Padang Panjang - Sumatera Barat.

Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Gunungsitoli Oktoberius Bersama Gea yang dikonfirmasi RRI menyebutkan Kwarda Sumatera Utara diwakili oleh satu regu Putra dari Kwarcab Kota Gunungsitoli dan satu regu Putri dari Kwarcab Labuhanbatu Selatan. Kontingen Kota Gunungsitoli 9 orang terdiri dari 1 orang Pembina Pendamping a.n Azril Hia dan 8 orang peserta didik dari Gudep SMP Negeri 5 Gunungsitoli.

Regu penggalang Putra dari Kwarcab Kota Gunungsitoli berangkat ke Padang pada hari Minggu pagi dan sejak kemarin sudah mulai mengikuti kegiatan Kemah Budaya Nasional 2019.

“Ini merupakan keikutsertaan yang pertama kalinya, bagi kami ini merupakan penghargaan artinya kwarcab Gunungsitoli dipercayakan untuk menampilkan atraksi budaya Nias pada kegiatan ini”, jelas Oktoberius, Selasa (27/8/2019).

Karena waktu yang mepet dan mengusung misi memperkenalkan budaya, maka Kwarcab memilih Gudep SMP Negeri 5 Gunungsitoli mengikuti Kemah Budaya Nasional tersebut.

“Kita tidak lakukan seleksi pada pengiriman regu penggalang ini, kebetulan Gudep SMP 5 Gunungsitoli memiliki sanggar budaya yang personilnya juga aktif di kepramukaan”, tambahnya lagi.

Kemah  Budaya  Nasional Tahun 2019 merupakan  bentuk  realisasi  kerjasama antara  Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  Republik  Indonesia  dengan Kwartir  Nasional gerakan  Pramuka  dalam  rangka  meningkatkan  pemahaman, penghayatan  dan  wawasan  anggota  Gerakan  Pramuka  dibidang  kebudayaan serta karakter kebangsaan berbasis kesejarahan. Melalui  kegiatan Kemah   Budaya   Nasional   yang   ke-10 ini, para   Pramuka Penggalang  disiapkan  agar kelak  menjadi  manusia berjiwa  Pancasila yang mampu  hidup  bersama  dengan  rukun  dalam  keanekaragaman  serta  menjadi warga negara  yang  mandiri,  peduli  dan  bertanggungjawab  terhadap  pelestarian budaya dan bangsa.(IND)

  • Tentang Penulis

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

  • Tentang Editor

    Indah Febriyanti Bu'ulolo

    Reporter RRI Gunungsitoli<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00