• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Peta Titik Rawan Bencana Permudah BPBD Nias Utara Melakukan Sosialisasi

21 August
15:47 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gununsgitoli : Titik rawan bencana telah di tetapkan di wilayah Kabupaten Nias Utara, yang merupakan hasil kerjasama BPBD Kabupaten Nias Utara dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Nias Utara Herman Zebua mengatakan, bahwa di setiap Kecamatan dan setiap desa titik rawan bencana tersebut telah di petakan sehingga BPBD lebih mudah untuk melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat.

Menurut Herman, sosialisasi yang di laksanakan pihak BPBD tersebut hanya untuk pengurangan resiko bencana sedangkan  yang di lakukan BPBD saat terjadi bencana hanya penanganan sementara karena masih ada dinas terkait yang akan berperan saat terjadi atau setelah terjadi bencana.

Seperti yang di lakukan selama ini, bahwa yang menangani bencana kebakaran lahan dan hutan merupakan tanggungjawab BPBD sementara kebakaran rumah dan kawasan pemukiman merupakan tanggungjawab Satuan polisi pamong praja Kabupaten Nias Utara.

"Hal itu merupakan ketentuan dari pemerintah pusat dan menurut rencana di tahun 2020 mendatang, yang akan menangani bila terjadi kebakaran rumah atau pemukiman akan di kembalikan kepada BPBD" Terang, Herman (21/8/2019).

Diakhir keterangan Herman Zebua, bahwa Pihak BPBD akan terus membantu masyarakat baik melalui sosialisasi pengurangan resiko bencana dan juga melakukan pertolongan kepada masyarakat saat terjadi bencana. (MH)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00