• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEPULAUAN NIAS

Jelang HUT RI Pernak-Pernik Kemerdekaan Marak Terpampang di Gunungsitoli

13 August
09:24 2019
1 Votes (5)

KBRN,Gunungsitoli: Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74, sejumlah pedagang bendera musiman mulai ramai terlihat di kota Gunungsitoli, Selasa (13/8/2019).

Pantauan RRI, para pedagang bendera musiman dan berbagai pernak-pernik hari ulang tahun Kemerdekaan RI ke-74, mulai ramai terlihat di Jalan Sirao tepatnya depan kantor pos Satlantas Polres Nias, Jalan Diponegoro dan beberapa jalan Protokol di Kota Gunungsitoli.

Salah seorang pedagang Musiman, Amrin, mengatakan saat ini yang banyak diminati bendera yang dipasang di rumah dan umbul-umbul untuk kantoran sedangkan untuk bendera yang dipasang dikendaraan roda dua dan empat, permintaan masih minim.

“Harga bendera dan umbul-umbul kita jual bervariatif, mulai dari yang kecil Rp5 ribu hingga yang besar Rp300 ribu, tapi permintaan masih kurang. Diprediksi permintaan akan banyak pada tanggal 15 nanti” kata Amrin.

Dia mengaku telah berada di Kota Gunungsitoli bersama sejumlah pedagang musiman lainnya sejak 1 Agustus lalu, dan kegiatan menjual bendera atau pernak pernik sudah dilakukan setiap tahun menjelang 17 Agustus disejumlah wilayah di Kepulauan Nias.

“Dari pengalaman tahun lalu, bendera atau pernak pernik untuk memeriahkan hari ulang tahun Kemerdekaan RI akan mengalami peningkatan dua hari sebelum hari H, sedangkan umbul umbul permintaan sudah banyak dari instansi pemerintah maupun BUMN,” terangnya.

Sementara itu, Waris Zalukhu, salah seorang pengendara sepeda motor mengaku senang dengan peraturan saat ini untuk pemasangan bendera sudah dimulai diwajibkan mulai tanggal 1 Agustus hingga 31 Agustus 2019.

"Minimal dengan lamanya pemasangan bendera disetiap rumah dan kendaraan bermotor dapat lebih memotivasi masyarakat akan cinta indonesia dan menghargai pahlawannya," jelasnya.

"Kebetulan saya kesini untuk membeli bendera yang panjang untuk dipasang di kantor bang. Kalau di sepeda motor sudah tanggal 1 kemarin sudah saya pasang," tambahnya.

  • Tentang Penulis

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

  • Tentang Editor

    Indra Jaya Zendratö

    Reporter RRI Gunungsitoli,Email: indrarri@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00